Tautan-tautan Akses

AS

Kalah di Wisconsin, Trump Tetap Percaya Diri


Kandidat calon presiden AS dari Partai Republik, Donald Trump, berbicara dalam kampanye di Milwaukee, Wisconsin (4/4). (Reuters/Jim Young)

Kandidat calon presiden AS dari Partai Republik, Donald Trump, berbicara dalam kampanye di Milwaukee, Wisconsin (4/4). (Reuters/Jim Young)

Kekalahan Trump meningkatkan kemungkinan bahwa Partai Republik akan menyelenggarakan konvensi pencalonan partai secara terbuka.

Pemilihan pendahuluan di Wisconsin hari Selasa (6/4) memenangkan Ted Cruz dan Bernie Sanders, mengalahkan unggulan dari kedua partai.

Di Kubu Partai Republik, Senator Cruz asal Texas dengan mudah mengalahkan kandidat terdepan Donald Trump di Wisconsin. Kekalahan Trump meningkatkan kemungkinan bahwa Partai Republik akan menyelenggarakan konvensi pencalonan partai secara terbuka karena tidak ada kandidat yang memenuhi jumlah mayoritas delegasi yang ditentukan.

Cruz, pada Selasa malam, dengan bangga dan penuh optimis meyakinkan pendukungnya menghadapi persaingan pencalonan partai Republik.

“Malam ini adalah titik balik. Ini adalah seruan. Ini adalah ajakan dari orang-orang yang bekerja keras di Wisconsin kepada rakyat Amerika. Kita punya pilihan. Pilihan nyata," ujarnya.

Menghadapi kekalahannya di Wisconsin, Trump juga tetap percaya diri. Ia tampaknya kini memusatkan perhatian pada pemilihan pendahuluan di New York yang akan berlangsung 19 April mendatang.

Dalam pidato kampanyenya di Long Island, Rabu malam, Trump berupaya meraih simpati warga New York dengan menjatuhkan Ted Cruz yang mempertanyakan nilai-nilai New York dalam debat kandidat calon presiden awal tahun ini.

Trump mengatakan Cruz meremehkan “nilai New York” yang dikatakan “dengan ejekan pada wajahnya” dan “dengan kebencian”.

Trump mengatakan tidak bisa percaya ada orang yang mempertanyakan kepahlawanan para petugas kota itu dan pekerja konstruksi setelah serangan 2001 yang meruntuhkan gedung World Trade Center.

Pemilihan pendahuluan di New York akan diadakan tanggal 19 April.

Kerumunan demonstran berkumpul di luar tempat acara di Long Island sementara sebagian demonstran diminta keluar dari dalam ruang kampanye itu

Di kubu Demokrat, Selasa malam menjadi kemenangan besar bagi Bernie Sanders dalam upayanya mengejar kandidat unggulan Hillary Clinton. Ia mengutip kata-kata presiden Amerika Abraham Lincoln yang terkenal. Seperti Abraham Lincoln kampanyenya adalah kampanye rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

Sanders kini telah memenangi enam dari tujuh kontes terakhir melawan Clinton, yang hari Selasa berkampanye di New York menjelang pemilihan pendahuluan pada 19 April. [my]

XS
SM
MD
LG