Tautan-tautan Akses

Kakak Pembangkang Tiongkok Pulang ke Desanya


Chen Guangfu, kakak tertua pembangkang tunanetra Chen Guangcheng di Beijing (23/5).

Chen Guangfu, kakak tertua pembangkang tunanetra Chen Guangcheng di Beijing (23/5).

Chen Guangfu, kakak pembangkang Chen Guangcheng dikabarkan telah kembali ke Dongshigu dari ibukota setelah meminta nasihat hukum.

Seorang pengacara HAM mengatakan kakak pembangkang tunanetra Chen Guangcheng telah pulang ke desanya di Tiongkok timur setelah melarikan diri dari penjaga hari Selasa dan pergi ke Beijing.

Jaksa Ding Xikui hari Minggu mengatakan ia diberitahu oleh seorang teman keluarga Chen bahwa Chen Guangfu telah kembali ke desa Dongshigu setelah meminta nasihat hukum di ibukota mengenai cara melindungi putranya dari apa yang menurutnya tuduhan-tuduhan kriminal sebagai pembalasan.

Chen Kegui didakwa dengan percobaan pembunuhan menyusul bentrokan dengan para pejabat yang menerobos masuk ke rumahnya setelah mengetahui pamannya telah melarikan diri.

Chen Guangcheng, yang meloloskan diri dari tahanan rumah bulan April, mencari perlindungan di Kedutaan Besar Amerika di Beijing. Situasi itu menimbulkan ketegangan diplomatik antara Amerika dan Tiongkok yang telah diselesaikan saat Beijing mengizinkan Guangcheng terbang ke Amerika untuk belajar.

Para aktivis HAM mengatakan pihak berwenang telah meningkatkan penindasan terhadap keluarga Chen Guangcheng, yang secara efektif berada dalam tahanan rumah di Dongshigu.
XS
SM
MD
LG