Tautan-tautan Akses

Kabinet Yunani Setujui Rencana Penghematan Baru


PM Yunani George Papandreou bertemu dengan Ketua Komisi Ekonomi dan Keuangan Uni Eropa, Olli Rehn di Athena, 1 Maret 2010.

PM Yunani George Papandreou bertemu dengan Ketua Komisi Ekonomi dan Keuangan Uni Eropa, Olli Rehn di Athena, 1 Maret 2010.

Kabinet Yunani menyetujui pemangkasan anggaran besar-besaran yang dirancang untuk menghemat 6.5 miliar dollar AS dan meredakan krisis hutang yang mengguncang Uni Eropa dan melemahkan mata uang Euro.

Langkah-langkah itu termasuk kenaikan 2 persen dalam pajak penjualan, pembekuan pensiun dan pemotongan gaji bagi pegawai negeri.

Perdana Menteri George Papandreou mengatakan negaranya beresiko mengalami “bencana” jika gagal memangkas anggaran. Ia juga mengatakan pemerintahannya kini mengharapkan dukungan Uni Eropa atas langkah-langkah penghematan Yunani.

Pemangkasan anggaran yang baru ini disambut dengan berbagai protes dari para pensiunan yang menerobos garis batas yang dipasang polisi didepan kantor perdana menteri. Sejumlah demonstrasi lain berkobar didepan kantor departemen keuangan Yunani.

Hari Rabu di Brussels, Presiden Komisi Uni Eropa Jose Manuel Barroso dan Ketua Kelompok Menteri Keuangan Zona Euro Jean Claude Juncker mengatakan pemangkasan tersebut dapat ikut menstabilkan euro.

XS
SM
MD
LG