Tautan-tautan Akses

Jutaan Penduduk Dunia Peringati Hari Bumi


Peringatan Hari Bumi di Seoul, Korea Selatan (foto: dok.)

Peringatan Hari Bumi di Seoul, Korea Selatan (foto: dok.)

Tahun ini, peringatan Hari Bumi menyerukan masyarakat dunia untuk melakukan satu miliar aksi hijau bagi kesehatan lingkungan bumi.

Jutaan orang di berbagai penjuru dunia memperingati Hari Bumi Jumat ini dengan berjanji untuk melakukan “aksi hijau” guna memperbaiki lingkungan. Ini peringatan hari Bumi ke-41, yang diperingati di Amerika setelah bencana tumpahan minyak di Pantai Teluk. Hari Bumi kini diperingati dengan berbagai acara di hampir 200 negara.

Tahun ini, penyelenggara peringatan Hari Bumi menyerukan masyarakat dunia untuk berjanji melakukan satu miliar aksi hijau untuk memperbaiki kesehatan lingkungan bumi.

Sejak memasuki hari Jumat, penyelenggara menghitung lebih dari 100 juta orang telah berjanji untuk memperbaiki lingkungan. Janji mereka berkisar dari rencana perorangan untuk mengurangi penggunaan bahan kimia beracun, menggunakan lampu hemat listrik di rumah, naik angkutan massal ke tempat kerja, hingga makan makanan yang diproduksi kawasan setempat.

Dalam proklamasi resmi hari tersebut, Presiden Barack Obama mengatakan Hari Bumi adalah peluang untuk memperbarui komitmen Amerika terhadap perlindungan lingkungan, dan memastikan bahwa pemimpin Amerika akan terus menganggap penting upaya mengatasi tantangan-tantangan lingkungan global.

Ibu negara Amerika Michelle Obama berencana membantu memperbaiki lingkungan taman kota di Washington, tapi rencana itu dibatalkan karena hujan yang mengguyur ibukota Amerika. Pejabat publik di Amerika merencanakan berbagai kegiatan lain, seperti di Baltimore, dimana Gubernur negarabagian Maryland Martin O'Malley meresmikan pom pengisian tenaga bagi mobil listrik di Bandara.

XS
SM
MD
LG