Tautan-tautan Akses

Jutaan Orang AS Sudah Pilih Presiden Baru


Pemilih AS di Des Moines, negara bagian Iowa memberikan suara lebih awal dalam Pilpres 2016 yang jatuh pada 8 November (foto: ilustrasi).

Pemilih AS di Des Moines, negara bagian Iowa memberikan suara lebih awal dalam Pilpres 2016 yang jatuh pada 8 November (foto: ilustrasi).

Jutaan orang Amerika sudah memberikan suara, memilih presiden Amerika yang baru, lebih dari dua minggu sebelum hari pemilihan, 8 November.

Data baru Pew Research Center menunjukkan lebih dari empat juta suara sudah masuk hari Sabtu (22/10), dan sebelum pilpres 8 November tiba, total pemilihan awal mungkin membengkak melampaui 50 juta, jumlah tertinggi sejauh ini, dan akan menjadi proporsi signifikan dari jumlah seluruh pemilih, yang mungkin setidaknya 130 juta surat suara.

Menurut data Sensus Amerika, pada tahun 1996, sekitar 10 persen pemilih menggunakan metode pemberian suara alternatif, apakah memilih lebih awal atau memberikan suara melalui pos. Empat tahun lalu, dalam pemilihan presiden terakhir, angka itu naik tiga kali lipat, menjadi hampir 33 persen.

Dan di beberapa negara bagian, jumlah itu jauh lebih tinggi. Data peneliti Pew menunjukkan, lebih dari separuh kertas suara dalam pemilu tahun 2012 di Nevada, Arizona, Texas, North Carolina, Montana, New Mexico dan Tennessee diisi lebih awal atau dikirim melalui pos.

Berbeda dari umumnya negara demokrasi, Amerika tidak memiliki sistem pemilu secara terpusat, artinya setiap negara - dan dalam beberapa kasus bahkan tiap county, menentukan bagaimana dan kapan warga bisa memilih. Aturan dan tanggal berbeda tiap negara bagian, tetapi lebih dari separuh dari 50 negara bagian di Amerika memungkinkan beberapa bentuk pemilihan awal, baik secara langsung maupun dikirim via pos.

Negara bagian Oregon, Washington, dan Colorado melakukan pemilihan sepenuhnya melalui surat suara yang dikirim lewat pos. California dan District of Columbia (DC) memungkinkan warga memilih awal baik secara langsung atau melalui surat, sedangkan negara-negara bagian lain hanya membolehkan satu metode. [ka]

XS
SM
MD
LG