Tautan-tautan Akses

1 Juta Peziarah Akan Hadiri Kanonisasi Paus Yohanes Paulus


Seorang peziarah dari Meksiko membawa lukisan Paus Yohanes Paulus II saat berada di Alun-Alun Santo Petrus di Vatikan (26/4). (AP/Andrew Medichini)

Seorang peziarah dari Meksiko membawa lukisan Paus Yohanes Paulus II saat berada di Alun-Alun Santo Petrus di Vatikan (26/4). (AP/Andrew Medichini)

Yohanes Paulus meninggalkan kesan istimewa bagi rakyat Polandia karena mengilhami penggulingan komunisme di negara itu.

Mulai dari Kanada hingga kota-kota kecil di Polandia, para peziarah berdatangan ke berbagai tempat yang berkaitan dengan Paus Yohanes Paulus II untuk menggelar konser dan ibadah, sehari sebelum ia dinyatakan sebagai orang suci.

Orang-orang berkumpul Sabtu (26/4) di Wadowice, kampung halaman Yohanes Paulus, yang marak dihiasi warna-warna khas kebangsaan dan kepausan. Banyak orang juga berkumpul di Krakow, di mana Karol Wojtyla menjadi pastor dan uskup selama lebih 30 tahun sebelum terpilih menjadi sri paus.

Mendiang Yohanes Paulus II dan Paus Yohanes XXIII akan dinyatakan sebagai orang suci pada Minggu dalam upacara di Vatikan, yang juga dihadiri Sri Paus Fransiskus dan pendahulunya Sri Paus Benediktus XVI.

Ini akan mencetak sejarah dimana dua paus yang masih hidup hadir dalam upacara deklarasi orang suci bagi dua pendahulu mereka. Sekitar satu juta peziarah diperkirakan memenuhi acara itu, dan sudah banyak orang tiba di Roma hari Sabtu.

Yohanes Paulus meninggalkan kesan istimewa bagi rakyat Polandia karena mengilhami penggulingan komunisme di negara itu dan atas ajarannya yang terpusat pada martabat manusia.
XS
SM
MD
LG