Tautan-tautan Akses

Justin Timberlake Borong Penghargaan MTV VMA 2013


Justin Timberlake tampil di acara MTV Video Music Awards, Minggu (25/8) di Barclays Center, New York. (AP/Invision/Charles Sykes)

Justin Timberlake tampil di acara MTV Video Music Awards, Minggu (25/8) di Barclays Center, New York. (AP/Invision/Charles Sykes)

Timberlake tampil menyanyi bersama kelompok lamanya ‘N Sync dalam MTV Video Music Awards.

Justin Timberlake menang besar dalam acara penghargaan musik tahunan MTV Video Music Awards (VMA), membawa pulang empat penghargaan, termasuk video tahun ini untuk “Mirrors” dan penghargaan khusus, serta bernyanyi di panggung bersama kelompok vokal lamanya ‘N Sync.

Artis Macklemore & Ryan Lewis, Taylor Swift dan Bruno Mars juga merupakan pemenang terbanyak, dengan tiga penghargaan dimenangkan oleh Macklemore & Ryan Lewis, termasuk video hip-hop terbaik.

Namun nominasi-nominasi teratas VMA pada beberapa hari terakhir ini dibayangi kabar reuni ‘N Sync, penampilan pertama mereka sejak 2002, yang terjadi di tengah medley panjang lagu-lagu hit Timberlake sebelum ia menerima penghargaan Michael Jackson Video Vanguard Award.

“Saya tidak pantas mendapatkan penghargaan ini,” ujar Timberlake, 32, setelah menerimanya dari pembawa acara bincang-bincang Jimmy Fallon. “Tapi saya tidak akan mengembalikannya.”

Ia mengatakan bahwa setengah dari banyak VMA yang ia terima adalah “bersama empat pria itu,” mencacu pada penyanyi-penyanyi ‘N Sync JC Chasez, Lance Bass, Joey Fatone dan Chris Kirkpatrick.

"Saya akan membagi penghargaan ini bersama mereka,” ujar Timberlake.

Juga mencuri perhatian dalam acara MTV VMA tahun ini adalah Lady Gaga, yang tampil dengan serangkaian kostum mulai dari baju biarawati sampai bikini, serta Miley Cyrus yang tampil panas dan provokatif saat menyanyi “We Can’t Stop” dan duet bersama Robin Thicke membawakan “Blurred Line.”

Macklemore membawakan pesan politik yang mendorong persamaan hak kelompok gay saat menerima penghargaan video terbaik dengan pesan sosial untuk “Same Love.”

“Saya ingin sekali menang video rap terbaik, namun penghargaan ini berarti lebih banyak,” ujar Macklemore, yang menyebut lagu itu “lagu terpenting” yang pernah ia tulis.

“Hak gay adalah hak asasi manusia, tidak ada pemisahan,” tambahnya diikuti tepukan penonton.

One Direction, yang memenangkan tiga VMA tahun lalu, hanya mendapatkan satu penghargaan tahun ini, yaitu video pilihan pemirsa sebagai lagu musim panas terbaik untuk “Best Song Ever.”

Pemenang lainnya termasuk “Up in the Air” dari Thirty Seconds to Mars untuk video rock terbaik, dan Pink bersama Nate Ruess untuk kolaborasi terbaik dalam lagu “Just Give Me a Reason.”

Timberlake juga memenangkan dua hadiah lain, dengan “Suit & Tie” untuk penyutradaraan terbaik dan “Mirrors” untuk penyuntingan terbaik. Baik Timberlake maupun Macklemore & Ryan Lewis masing-masing memimpin dengan enam nominasi.

Kategori-kategori baru tahun ini adalah lagu musim panas dan artis potensial, yang dipilih pemirsa. Kategori artis potensial dimenangkan oleh Austin Mahone.

Acara ditutup dengan penampilan Katy Perry, yang membawakan lagu barunya “Roar” dari bawah jembatan terkenal Brooklyn Bridge. (AP/Reuters)
XS
SM
MD
LG