Tautan-tautan Akses

Juru Bicara Militer Kenya Umumkan Identitas Penyerang Mal


Guntingan surat kabar memperlihatkan para korban yang dibunuh dalam penyerangan di Mal Westgate, Kenya, Nairobi (30/9). (Reuters/Thomas Mukoya)

Guntingan surat kabar memperlihatkan para korban yang dibunuh dalam penyerangan di Mal Westgate, Kenya, Nairobi (30/9). (Reuters/Thomas Mukoya)

Juru bicara militer Kenya mengumumkan nama keempat laki-laki yang dinilai ikut dalam serangan militan Islamis terhadap Mal Westgate di Nairobi, Kenya.

Mayor Emmanuel Chirchir mengatakan keempat orang itu adalah Abu Baara Al-Sudani, Omar Nabhan, Khattab Al-Kene dan Umayr. Nama keempat orang itu telah disiarkan pertama kali oleh sebuah stasiun televisi lokal di Kenya. Chirchir menambahkan keempatnya tewas dalam serangan itu.

Rekaman gambar CCTV yang diperoleh media memperlihatkan empat laki-laki bersenjata berjalan melewati sebuah toko di Westgate.

Pejabat-pejabat Kenya sebelumnya mengatakan lima militan tewas dalam tembak menembak dengan para petugas.

Kelompok teroris Somalia Al-Shabab mengklaim bertanggungjawab atas serangan yang menewaskan sedikitnya 67 orang – tidak termasuk para penyerang. Kelompok teroris yang diduga terkait al-Qaida itu mengatakan serangan tersebut merupakan balasan terhadap intervensi militer Kenya di Somalia.

Al Shabab bersumpah akan melakukan serangan-serangan lain di Kenya. Kelompok pemberontak itu menuntut pasukan Kenya ditarik dari Somalia.

Kenya mengirim pasukan ke Somalia dua tahun lalu untuk membantu memerangi Al Shabab yang ingin mengubah Somalia menjadi negara Islam.
XS
SM
MD
LG