Tautan-tautan Akses

Jurnalis Radio Free Europe Ditahan di Azerbaijan


Wartawan Radio Free Europe / Radio Liberty (RFE / RL) Khadija Ismayilova, ditahan dalam rumah tahanan pra-pengadilan selama dua bulan.

Wartawan Radio Free Europe / Radio Liberty (RFE / RL) Khadija Ismayilova, ditahan dalam rumah tahanan pra-pengadilan selama dua bulan.

Sebuah pengadilan di Azerbaijan telah memerintahkan agar seorang wartawan Radio Free Europe / Radio Liberty (RFE / RL) ditahan dalam rumah tahanan pra-pengadilan selama dua bulan.

Khadija Ismayilova dipanggil ke pengadilan di Baku hari Jumat mengenai tuduhan bahwa dia berupaya menekan seorang laki-laki untuk melakukan bunuh diri. Para pendukung di luar pengadilan meneriakkan namanya ketika dia dibawa ke pusat penahanan.

Kepala Badan Gubernur Penyiaran (BBG), badan pemerintah AS yang mendanai RFE / RL dan juga mengawasi VOA, menyerukan agar Ismayilova segera dibebaskan.

Jeff Shell mengatakan BBG “marah” dengan perintah penahanan itu, yang dikatakannya sebagai “sebuah upaya lain pemerintah Azerbaijan untuk membungkam para pengritiknya dan mengekang kebebasan pers.”

Redaktur RFE/RL, Nenad Pejic, mengatakan dakwaan yang “aneh” terhadap Ismayilova itu adalah bagian dari “kampanye dua tahun untuk membungkam wartawan yang telah menyelidiki korupsi pemerintah dan pelanggaran HAM di Azerbaijan."

Dua bulan lalu, pihak berwenang di Azerbaijan melarang Ismayilova bepergian ke luar negeri, membuatnya tidak dapat menghadiri pertemuan internasional di Washington dan Praha. Dia dijadwalkan bersaksi dalam sebuah dengar pendapat mengenai “memberantas korupsi di wilayah OSCE,” yang diadakan oleh komite penghubung AS dengan Organisasi Keamanan dan Kerja Sama di Eropa.

XS
SM
MD
LG