Tautan-tautan Akses

Jurnalis Freelance CNN Diculik di Ukraina


Seorang wartawan lepas CNN diculik di kawasan Donetsk, Ukraina timur yang dikuasai pemberontak (foto: ilustrasi).

Seorang wartawan lepas CNN diculik di kawasan Donetsk, Ukraina timur yang dikuasai pemberontak (foto: ilustrasi).

Anton Skiba, wartawan lepas atau freelance yang bekerja untuk CNN, diculik di kawasan Donetsk, Ukraina timur hari Kamis (24/7).

Seorang wartawan lepas (freelance) yang bekerja untuk CNN telah diculik di Ukraina timur, kasus terbaru dalam serangkaian serangan terhadap pekerja media dalam beberapa pekan ini.

Jaringan televisi Amerika itu menyiarkan penculikan Anton Skiba hari Kamis, dua hari setelah separatis bersenjata diduga membawanya dari sebuah kamar hotel di kota Donetsk yang dikuasai pemberontak.

Skiba, yang pekan lalu bekerja untuk BBC dalam peliputan kecelakaan maut pesawat Malaysia Airlines, mengatakan dalam sebuah pembicaraan telepon singkat dengan CNN hari Rabu bahwa ia sedang diinterogasi di markas besar dinas keamanan Donetsk.

CNN mengatakan tidak segera mengumumkan penculikan Skiba selagi berbagai upaya dilakukan sejak hari Selasa untuk membebaskannya.

The Committee to Protect Journalists, suatu organisasi untuk melindungi wartawan di seluruh dunia, menyerukan pembebasan Skiba serta wartawan freelance Inggris Graham Phillips yang bekerja untuk saluran televisi milik negara Rusia, RT. Seorang cameramen tidak dikenal diketahui bersamanya ketika kedua orang itu menghilang hari Selasa di dekat bandara Donetsk.

XS
SM
MD
LG