Tautan-tautan Akses

Jurnalis Hong Kong Kecam Campur Tangan Manajemen


Para mahasiswa memrotes pemukulan demonstran pro-demokrasi oleh polisi Hong Kong (14/10).

Para mahasiswa memrotes pemukulan demonstran pro-demokrasi oleh polisi Hong Kong (14/10).

Puluhan wartawan Hong Kong menandatangani surat keluhan terbuka setelah manajemen TVB News mengubah gambar video tentang pemukulan demontran oleh polisi.

Sementara video online polisi Hong Kong memukuli seorang pengunjuk rasa yang diborgol pekan ini telah menyebar di internet di China, cara sebuah media utama meliputi laporan pelanggaran polisi dan kekerasan kini mendapat kecaman dari para wartawan.

Dalam dua hari belakangan, puluhan wartawan menandatangani surat keluhan terbuka tentang penjelasan gambar video pemukulan itu yang diubah dalam situs TVB News.

Lebih dari 40 wartawan TVB merilis sebuah surat terbuka memprotes perubahan penjelasan itu, katanya manajemen TVB menghapus informasi tentang polisi yang menendang dan meninju aktivis itu.

Lebih dari 80 karyawan TVB lainnya kemudian menandatangani surat yang menyatakan dukungan mereka terhadap para wartawan.

Tujuh serikat dan organisai buruh bagi media Hong Kong, termasuk Asosiasi Wartawan Hong Kong, juga merilis pernyataan yang mengungkapkan dukungan penuh bagi para wartawan TVB.

Menurut laporan, Direktur TVB News Keith Yuen mendukung langkah perusahaannya, dengan mengatakan tidak pantas membiarkan informasi itu setelah menerima keluhan. Ia menambahkan departemen pemberitaan TVB News selalu "obyektif, berimbang dan adil."

XS
SM
MD
LG