Tautan-tautan Akses

Jurnalis Afrika Selatan Protes Pembatasan di Lembaga Penyiaran Negara


Demonstran menyelotip mulutnya di Johannesburg dalam protes di luar kantor South African Broadcasting Corporation (SABC) (1/7). (AP/Denis Farrell)

Demonstran menyelotip mulutnya di Johannesburg dalam protes di luar kantor South African Broadcasting Corporation (SABC) (1/7). (AP/Denis Farrell)

Lembaga penyiaran itu mendominasi gelombang udara Afrika Selatan, dengan 19 stasiun radio dan empat saluran TV.

Para wartawan Afrika Selatan turun ke jalan di Johannesburg dan Cape Town Jumat (1/7) untuk memprotes apa yang mereka sebut upaya penyensoran oleh lembaga penyiaran pemerintah.

South African Broadcasting Corporation (SABC) dikecam karena serangkaian keputusan dan acara baru-baru ini, termasuk perintah kepada wartawan untuk tidak meliput kekerasan dan kerusakan properti dalam protes, dan tidak mengudarakan kritikan.

Setidaknya enam wartawan SABC baru-baru ini diskors karena tidak mematuhi, tidak setuju atau "menjadi penghubung ke media tanpa otorisasi." Pelanggaran yang terakhir ini berarti wartawan menyuarakan keluhan mereka ke organisasi berita lainnya.

Sebelumnya pekan ini, kepala interim SABC mengundurkan diri, mengatakan, dalam surat pengunduran dirinya kepada publik, "Apa yang terjadi di SABC salah dan saya tidak bisa lagi ambil bagian."

SABC telah berulang kali membantah mereka berusaha memaksakan sensor. Lembaga penyiaran itu mendominasi gelombang udara Afrika Selatan, dengan 19 stasiun radio dan empat saluran TV. [as]

XS
SM
MD
LG