Tautan-tautan Akses

Jumlah Wisatawan di Karibia Pecahkan Rekor


Wisatawan di pantai Barahona, Dominika (foto: dok). Kawasan Karibia melaporkan peningkatan jumlah wisatawan selama 5 tahun berturut-turut.

Wisatawan di pantai Barahona, Dominika (foto: dok). Kawasan Karibia melaporkan peningkatan jumlah wisatawan selama 5 tahun berturut-turut.

Sebanyak 26,3 juta wisatawan mengunjungi kepulauan Karibia tahun lalu dan mengeluarkan uang hampir 30 miliar dolar AS selama berlibur di sana.

Para pejabat mengatakan rekor 26,3 juta wisatawan mengunjungi Karibia tahun lalu dan mengeluarkan uang hampir 30 miliar dolar untuk berlibur di kawasan dunia yang dianggap paling tergantung pada sektor pariwisata itu.

Ini adalah tahun ke-lima berturut-turut Karibia melaporkan kenaikan jumlah pengunjung, setelah krisis ekonomi yang sempat membuat banyak tempat wisata di sana tutup.

Organisasi Pariwisata Karibia hari Selasa (10/2) mengatakan pulihnya sektor itu didukung perbaikan kualitas bandara-bandara, munculnya hotel-hotel baru dan kenaikan jumlah penerbangan langsung dan kapasitas penumpang pesawat.

Hugh Riley, sekretaris-jenderal organisasi itu, mengatakan jumlah wisatawan ke kawasan itu tahun lalu meningkat 5,3 persen, sementara jumlah wisatawan secara global naik 4,7 persen.

Republik Dominika, Jamaika, Belize dan Aruba termasuk diantara lokasi-lokasi yang mencatat kenaikan jumlah pengunjung terbanyak, didukung melonjaknya jumlah turis dari Amerika, Kanada dan Eropa.

Wisatawan menghabiskan uang lebih dari 29 miliar dollar di kawasan itu tahun lalu.

Para pejabat pariwisata juga memantau Kuba, yang diperkirakan akan menerima lonjakan wisatawan tahun ini menyusul pemulihan hubungan diplomatiknya dengan Amerika.

XS
SM
MD
LG