Tautan-tautan Akses

AS

Jumlah Pemohon Tunjangan Pengangguran AS Naik


Warga AS pencari kerja menghadiri bursa kerja di Miami, Florida (foto: dok).

Warga AS pencari kerja menghadiri bursa kerja di Miami, Florida (foto: dok).

Jumlah warga AS yang mengajukan permohonan tunjangan pengangguran minggu lalu melonjak 24.000 menjadi 329.000.

Jumlah warga Amerika yang mengajukan permohonan tunjangan pengangguran untuk pertama kali minggu lalu melonjak 24.000 menjadi 329.000, meskipun kenaikan itu tampaknya mencerminkan PHK sementara pada pekan sebelum libur Paskah.

Departemen Tenaga Kerja Amerika hari Kamis (24/4) mengatakan permohonan rata-rata empat mingguan – jumlah yang tidak begitu bergejolak – naik 4.750 menjadi 316.750.

Klaim pengangguran lazim bergejolak sekitar libur Paskah karena banyak sekolah secara temporer memberhentikan pengemudi bus sekolah, karyawan kantin dan pegawai-pegawai lainnya semasa reses musim semi.

Meski bergejolak, klaim untuk tunjangan pengangguran umumnya telah turun dalam beberapa bulan ini dan merupakan tanda optimistis bagi bursa kerja. Tiga minggu lalu, jumlah permohonan turun menjadi 310.000 yang terendah dalam hampir tujuh tahun.

Sementara itu, pesanan ke pabrik-pabrik Amerika untuk barang manufaktur tahan lama naik secara mantap bulan Maret untuk bulan kedua berturut-turut. Kategori kunci yang mengindikasikan rencana investasi bisnis naik tercepat dalam empat bulan ini.

Pesanan untuk barang tahan lama bulan Maret naik 2,6 persen setelah naik 2,1 persen bulan Februari, kata Departemen Perdagangan Amerika hari Kamis. Kenaikan berturut-turut itu terjadi setelah penurunan besar dua kali bulan Desember dan Januari, yang sempat memicu kekhawatiran tentang kemungkinan melemahnya sektor manufaktur.

Pesanan akan barang-barang modal, yang dianggap sebagai pedoman rencana investasi, naik 2,2 persen bulan Maret setelah turun 1,1 persen bulan sebelumnya. Ini adalah kinerja terbaik sejak kenaika 3 persen bulan November.

Peningkatan pesanan untuk barang tahan lama – produk yang diperkirakan bertahan setidaknya tiga tahun – adalah tanda terbaru ekonomi Amerika memperoleh momentum setelah musim dingin yang parah.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG