Tautan-tautan Akses

Cuaca Membaik, Jumlah Migran Laut Tengah Meningkat


Para migran duduk di perahu mereka dalam operasi penyelamatan oleh kapal angkatan laut Italia di lepas pantai Sisilia (6/5).

Para migran duduk di perahu mereka dalam operasi penyelamatan oleh kapal angkatan laut Italia di lepas pantai Sisilia (6/5).

PBB mengatakan sejauh ini sudah lebih dari 30.000 migran, kebanyakan dari Sub-Sahara Afrika, telah diselamatkan dari Laut Tengah dan dibawa ke pusat penampungan pengungsi di Italia.

Italia mengatakan kapal-kapal penyelamat yang beroperasi di lepas pantai Libya menyelamatkan lebih dari 2.500 migran, Senin (23/5), dan mengatakan jumlah mereka meningkat sementara cuaca di Laut Tengah membaik.

Pengawal Pantai Italia mengatakan 2.000 migran diselamatkan dari 14 sampan kecil dan sebuah perahu besar. Pernyataan itu mengatakan pesawat angkatan laut Irlandia dan Malta, bagian dari pasukan internasional, untuk mencegah tenggelam masal di laut menyelamatkan ratuan orang lainnya dan bahwa sebuah kapal barang yang sedang berlalu juga ikut dalam penyelamatan itu.

PBB mengatakan sejauh ini sudah lebih dari 30.000 migran –- kebanyakan dari Sub-Sahara Afrika – telah diselamatkan dari Laut Tengah dan dibawa ke pusat penampungan pengungsi di Italia.

Para pejabat kemanusiaan mengatakan jalur laut dari Libya ke Italia sekarang telah menjadi jalur utama bagi imigran yang menuju Eropa setelah ada persetujuan baru-baru ini antara Uni Eropa dan Turki yang sangat mengurangi arus pengungsi dari pantai Turki ke Yunani. [sp]

XS
SM
MD
LG