Tautan-tautan Akses

Jumlah Korban Tewas Tsunami Mentawai Capai 113 Orang


Penduduk mengungsi dari rumah ke dataran yang lebih tinggi setelah gempa bumi dahsyat di Padang, Sumatra Barat, Indonesia.

Penduduk mengungsi dari rumah ke dataran yang lebih tinggi setelah gempa bumi dahsyat di Padang, Sumatra Barat, Indonesia.

Tsunami yang dipicu oleh gempa bumi bawah laut yang dahsyat menewaskan lebih dari 100 orang di sebuah gugusan pulau di Indonesia barat.

Para pejabat Indonesia mengatakan, jumlah kematian akibat Tsunami yang dipicu gempa bumi hari Senin di Mentawai meningkat menjadi sekurangnya 113.

Kepala Pusat Penanganan Krisis, Departemen Kesehatan, Mujiharto hari Selasa mengatakan bahwa 113 jenazah ditemukan dan ia memperkirakan bisa lebih banyak lagi. Tim penyelamat tengah mencari sampai 500 orang yang hilang termasuk sekelompok wisatawan Australia.

Seorang pejabat tinggi DPRD di kepulauan Mentawai Hendri Dori Satoko mengatakan, pemerintah setempat sedang mencari warga yang hilang dan sedang berusaha membantu orang-orang yang selamat; banyak diantaranya mengalami trauma.

Orang-orang yang hilang itu termasuk sekelompok delapan hingga sepuluh warga Australia yang berlayar dalam kapal wisata, yang kemudian kehilangan kontak setelah dilanda tsunami. Orang-orang yang selamat mengungkapkan, gelombang setinggi tiga meter menyapu pulau-pulau Senin malam, menghancurkan desa-desa di sepanjang pantai.

Gempa berkekuatan 7,7 skala Richter hari Senin, memicu gelombang setinggi tiga meter yang menghantam pulau-pulau di pantai barat Sumatra hari Selasa. Gempa tersebut terjadi sekitar 20 kilometer di bawah dasar laut dekat kepulauan Mentawai.

Pihak berwenang mengatakan Pulau Pagai selatan paling parah terkena gelombang itu.

XS
SM
MD
LG