Tautan-tautan Akses

Jumlah Korban Tewas di Fiji Meningkat


Dua orang anak laki-laki berteduh di bawah halte bus yang menopang pohon tumbang akibat hantaman topan Winston di desa Talecake, Fiji (24/2).

Dua orang anak laki-laki berteduh di bawah halte bus yang menopang pohon tumbang akibat hantaman topan Winston di desa Talecake, Fiji (24/2).

Topan Winston menghancurkan banyak rumah sehingga mengakibatkan ribuan warga Fiji kehilangan tempat tinggal dan terpaksa mengungsi ke tempat-tempat evakuasi.

Badan-badan bantuan internasional berpacu dengan waktu menjangkau komunitas-komunitas yang terisolir di Fiji, sebuah negara kepulauan di Pasifik Selatan yang dihantam Topan Winston, yang menewaskan 42 orang.

Pihak berwenang merivisi jumlah korban tewas itu, Rabu, meningkat dari jumlah sebelumnya, 29 orang. Sementara itu, para pekerja bantuan mulai berdatangan ke bagian terluar negara yang terdiri dari 300 pulau itu. Winston menghancurkan banyak rumah sehingga mengakibatkan ribuan warga Fiji kehilangn tempat tinggal dan terpaksa mengungsi ke tempat-tempat evakuasi.

Badai katagori 5 itu mendarat di Viti Letu, pulau utama di Fiji, Sabtu lalu, dengan angin berkecepatan hingga 300 kilometer per jam, topan terkuat yang pernah tercatat menghantam belahan Bumi Selatan.

Winston juga mengakibatkan banjir besar di negara itu, sehingga membuat para pekerja bantuan mengkhawatirkan munculnya wabah penyakit seperti demam berdarah dan Zika yang disebarkan nyamuk yang berkembang biak di air yang tenang. [ab]

XS
SM
MD
LG