Tautan-tautan Akses

Jubir Kemenlu Suriah Membelot, PBB Tarik Personil


Juru bicara Kementerian Luar Negeri Suriah, Jihad Maksidi di Damaskus (foto: dok). Makdissi dilaporkan membelot dan meninggalkan Suriah.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Suriah, Jihad Maksidi di Damaskus (foto: dok). Makdissi dilaporkan membelot dan meninggalkan Suriah.

Sumber-sumber diplomatik dan oposisi mengatakan, juru bicara kementerian luar negeri Suriah Jihad Makdissi berhenti dan meninggalkan Suriah.

Juru bicara kementrian luar negeri Suriah dilaporkan mengundurkan diri dari pemerintahan Presiden Bashar al-Assad, sementara PBB mengatakan akan menarik mundur “staf internasional yang tidak penting“ dari negara itu akibat memburuknya situasi keamanan.

Sumber-sumber diplomatik dan oposisi mengatakan Jihad Makdissi berhenti dan meninggalkan Suriah. Sebagai jurubicara, ia tadinya dengan setia membela aksi penumpasan oleh Presiden Assad terhadap pergolakan anti-pemerintah yang telah berlangsung selama 20 bulan.

Tetapi sejumlah kantor berita mengatakan Makdissi, seorang minoritas Kristen di Suriah, baru-baru ini dikecam para pejabat pemerintah lainnya terkait jipenampilannya di media.

Dalam perkembangan lain, para pejabat kemanusiaan PBB mengatakan seperempat dari ke-100 staf asing yang bekerja di organisasi mereka di Suriah mungkin akan keluar minggu ini dan PBB membatasi pekerja bantuan yang tersisa hanya di ibukota.

Dua konvoi PBB menuju bandara Damaskus ditembaki senapan minggu. Para pejabat mengatakan lebih banyak kendaraan berlapis baja dibutuhkan menyusul berbagai serangan serupa dalam beberapa minggu ini dan pembajakan barang atau kendaraan.
XS
SM
MD
LG