Tautan-tautan Akses

AS

JPMorgan Bayar Denda $2,5 Miliar dalam Kasus Madoff


Bank terbesar Amerika, JPMorgan Chase sepakat untuk membayar denda bernilai 2,5 miliar dolar dalam kasus Madoff (foto: dok).

Bank terbesar Amerika, JPMorgan Chase sepakat untuk membayar denda bernilai 2,5 miliar dolar dalam kasus Madoff (foto: dok).

Bank terbesar Amerika, JPMorgan Chase sepakat untuk membayar denda bernilai 2,5 miliar dolar dalam kasus penipuan investasi oleh Bernie Madoff.

Bank terbesar Amerika, JPMorgan Chase sepakat untuk membayar denda bernilai 2,5 miliar dolar kepada pemerintah dan ganti rugi untuk korban skema Ponzi Bernie Madoff. Ini merupakan denda terbesar di Amerika.

Dalam sebuah persetujuan dengan Kejaksaan Amerika, JP Morgan setuju membayar 1,7 miliar dolar karena gagal memantau rekening Madoff di Bank itu, yang dipergunakannya untuk melaksanakan penipuannya sehingga menyebabkan para investor dirugikan sebesar 17 miliar dolar.

Pemerintah mengatakan ini merupakan denda bank terbesar, dan fihaknya bermaksud menyalurkan uang ini kepada korban-korban penipuan Madoff.

Madof yang berusia 75 tahun ditangkap lebih dari lima tahun yang lalu dan kini menjalani hukuman penjara 150 tahun. Sejak itu, berbagai penyelidikan dan tuntutan dilakukan guna melacak kegiatan-kegiatannya dimana ia mempergunakan uang dari investor baru untuk membayar investasi lama, sampai skema itu ambruk.

Pemerintah mengatakan, “Bank tidak melakukan usaha bermakna” utnuk mengamati rekening-rekeningnya, meskipun sistem komputer bank itu sendiri sudah mengeluarkan sinyal peringatan.

Dalam persetujuan dengan penuntut, tuntutan kejahatan terhadap JP Morgan ditunda untuk dua tahun sementara pembayaran ganti rugi untuk korban dilakukan.

Dalam sebuah persetujuan terpisah namun terkait dengan penipuan Bernie Madoff, JP Morgan setuju membayar 350 juta dolar kepada regulator bank dan 543 juta dolar untuk menyelesaikan klaim-klaim dari investor yang kehilangan uang mereka.
XS
SM
MD
LG