Tautan-tautan Akses

Joseph Gordon-Levitt Bintangi Film "Snowden"

  • Associated Press

Josep Gordon-Levitt dalam pemutaran perdana film "The Walk" yang dibintanginya. (Foto: dok.)

Josep Gordon-Levitt dalam pemutaran perdana film "The Walk" yang dibintanginya. (Foto: dok.)

Joseph Gordon-Levitt hanya mengangguk dan berlalu ketika ditanya tentang pertemuan rahasianya dengan Edward Snowden.

Namun sebelumnya, Gordon-Levitt membandingkan pembocor rahasia intelijen AS tersebut, dengan tokoh nyata dalam film terbarunya. Gordon-Levitt berperan sebagai seniman high-wire Philippe Petit, yang pada tahun 1974, setelah selama bertahun-tahun merencanakan aksinya, secara ilegal membentangkan kawat antara gedung kembar World Trade Center dan berjalan melalui kawat tersebut.

"Keduanya mengambil resiko besar, menunjukkan keberanian yang luar biasa, melanggar hukum, dan melakukan sesuatu yang sangat mereka yakini," kata Gordon-Levitt pada Associated Press pada hari Sabtu (26/9) di acara pemutaran perdana film "The Walk" yang disutradarai oleh Robert Zemeckis, yang berkisah tentang aksi Petit berjalan di kawat yang dibentangkan di tempat yang tinggi.

Gordon-Levitt yakin bahwa dalam perbedaan antara Snowden dan Petit bisa ditemukan kemiripan.

"Philippe adalah seniman klasik yang percaya pada keindahan dan imajinasi. Edward Snowden adalah seorang insinyur yang percaya pada logika dan fakta," kata aktor tersebut.

Snowden, seorang ahli komputer, menjadi terkenal pada tahun 2013 karena membocorkan informasi rahasia dari Badan Keamanan Nasional AS tentang program pengawasannya, yang memata-matai warga Amerika biasa. Ia melarikan diri ke Rusia, dan diberikan suaka walaupun Amerika Serikat menuntut ia dikembalikan untuk menghadapi tuduhan spionase dan lainnya. Gordon-Levitt secara rahasia bertemu dengan Snowden di Rusia untuk membahas tentang perannya tersebut.

Ditulis dan disutradarai oleh Oliver Stone, "Snowden" akan diputar pada tahun 2016. [dw]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG