Tautan-tautan Akses

Jokowi Tunjuk Mantan Wakil Ketua KPK Jadi Kepala SKKMigas


Kepala SKKMigas yang baru, Amien Sunaryadi.

Kepala SKKMigas yang baru, Amien Sunaryadi.

Penunjukan Amien Sunaryadi adalah bagian dari upaya untuk mengembalikan kepercayaan investor terhadap sektor energi yang dinodai maraknya korupsi.

Presiden Joko "Jokowi" Widodo menunjuk mantan ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKKMigas), sebagai bagian dari upaya untuk mengembalikan kepercayaan investor terhadap sektor energi yang dinodai maraknya korupsi.

"Keputusan Presiden menunjuk Amien Sunaryadi sebagai kepala SKKMigas," ujar Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said.

Sudirman mengatakan ia yakin Amien, yang menggantikan penjabat sementara Johannes Widjonarko, sesuai dengan posisi barunya.

"SKKMigas harus dikelola oleh seorang pejuang, dan menurut pendapat saya Amien dapat dikategorisasikan sebagai pejuang. Kekuatannya, sebagai seseorang yang sangat menaruh perhatian pada sistem kelembagaan, sangat diperlukan di SKKMigas," ujarnya.

Pendahulu Amien, Rudi Rubiandini, sedang menjalani hukuman tujuh tahun penjara karena korupsi, setelah penyelidikan yang diluncurkan KPK. (Reuters)

XS
SM
MD
LG