Tautan-tautan Akses

Jokowi: Saya Akan Tetap Blusukan Meski Jadi Presiden

  • Yudha Satriawan

Capres Jokowi dikawal petugas berseragam batik saat berkunjung ke Pasar Barang bekas, Notoharjo, Solo, akhir pekan lalu. (VOA/Yudha Satriawan)

Capres Jokowi dikawal petugas berseragam batik saat berkunjung ke Pasar Barang bekas, Notoharjo, Solo, akhir pekan lalu. (VOA/Yudha Satriawan)

Calon Presiden terpilih yang ditetapkan KPU, Jokowi menyatakan akan tetap blusukan meski nanti menjabat Presiden. Menunggu proses pelantikan, selama Jokowi berlebaran di Solo, Polisi di Solo berharap Jokowi tetap menghormati standar protokoler pengamanan.

Calon Presiden terpilih yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum atau KPU, Joko widodo atau Jokowi, menyatakan akan tetap melakukan blusukan atau berkeliling wilayah meski nanti menjabat Presiden. Menurut Jokowi, blusukan sudah menjadi hobby untuk mengetahui kondisi masyarakat yang sebenarnya, bukan berdasar laporan bawahan saja.

Selama menjabat walikota Solo hingga gubernur DKI Jakarta, Jokowi kerap melakukan blusukan ke berbagai lokasi di wilayahnya. Jokowi blusukan ke perkampungan kumuh, bantaran sungai, dan sebagainya. Hasil blusukan tersebut, penataan perkampungan dengan sanitasi sehat dan relokasi warga bantaran serta pembuatan taman di bantaran sungai menjadi program andalannya.

Blusukan Jokowi ke perkampungan dan menemui masyarakat secara langsung seringkali membuat aparat keamanan kesulitan menertibkan masyarakat yang hendak bertemu langsung dengan Jokowi, sekedar bersalaman atau foto bareng. Apalagi saat ini Jokowi menjadi presiden terpilih yang sudah ditetapkan KPU dua pekan lalu. Agenda Jokowi bolak-balik ke Solo membuat aparat keamanan melakukan pengamanan khusus. Bahkan Jokowi menggelar open house di Solo yang dihadiri sekitar 5 ribu warga. Kapolresta Solo, Kombes Pol Iriansyah, meminta Jokowi juga menghormati protokoler pengamanan.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG