Tautan-tautan Akses

Jokowi Sampaikan Pidato Kemenangan di Pelabuhan Sunda Kelapa


Di atas sebuah perahu kayu, Jokowi menyampaikan pidato politik pertamanya, setelah ditetapkan sebagai presiden terpilih untuk periode 2014 – 2019.

Presiden dan Wakil Presiden Indonesia terpilih, Joko Widodo dan Jusuf Kalla, menyampaikan pidato kemenangannya di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, Selasa malam (22/7).

Di atas sebuah perahu kayu, Jokowi menyampaikan pidato politik pertamanya, setelah ditetapkan sebagai presiden terpilih untuk periode 2014 – 2019.

Dalam pidatonya Jokowi menyampaikan kemenangan ini adalah kemenangan seluruh rakyat Indonesia.

“Kemenangan ini adalah kemenangan seluruh rakyat Indonesia. Saya berharap, kemenangan rakyat ini akan melapangkan jalan untuk mencapai dan mewujudkan Indonesia yang berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi dan berkepribadian secara kebudayaan,” kata Presiden RI Terpilih, Joko Widodo.

Jokowi juga menyerukan kepada bangsa Indonesia untuk melupakan perbedaan yang muncul selama masa pemilihan presiden lalu.

“Lupakanlah nomor 1 dan lupakanlah nomor 2, marilah kembali ke Indonesia yang satu, Indonesia Raya,” seru Jokowi.

Jokowi menutup pidatonya dengan melambaikan salam tiga jari sebagai simbol sila ke-3 Pancasila, Persatuan Indonesia.

Sebagian besar masyarakat menyambut positif terpilihnya Jokowi sebagai Presiden Indonesia yang baru.

“Saya sebagai masyarakat Indonesia yang ikut andil dalam pemilihan ini.. saya merasa senang pak Jokowi dapat terpilih.. dan sampai sekarang suasananya aman semoga suasana aman ini dapat berlangsung sampai nanti.. harapan saya semoga aman rakyat mohon dilaksanakan sebaik-baiknya,” komentar Novi, salah worang warga Jakarta yang diwawancarai VOA.

"Harapannya yaa... terwujud lah.. semoga bisa lebih baik lagi.. terus, kemarin yg dijanjikan dia bisa terwujud semua.. itu,” kata Chasmuti.

Jokowi dan Jusuf Kalla dinyatakan sebagai presiden dan wakil presiden terpilih 2014-2019 dengan persentase perolehan suara 53,15 persen. Sementara Prabowo-Hatta memperoleh 46,85 persen.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG