Tautan-tautan Akses

Jokowi Lakukan Kampanye Legislatif Terbuka Pertama


Calon Presiden PDIP Jokowi dalam kampanye legislatif pertama. (VOA/Andylala Waluyo)

Calon Presiden PDIP Jokowi dalam kampanye legislatif pertama. (VOA/Andylala Waluyo)

Calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Joko Widodo alias Jokowi, melakukan kampanye terbuka hari pertama dengan mengunjungi bangunan bersejarah di Jakarta.

Calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Joko Widodo alias Jokowi, melakukan kampanye terbuka hari pertama Minggu (16/3) dengan mengunjungi bangunan bersejarah di Jakarta. Lokasi yang disinggahi adalah Museum Kebangkitan Nasional, Museum Sumpah Pemuda, Gedung Pancasila, dan Museum Proklamasi.

Sejumlah kader PDIP turut mengiringi Jokowi. Semuanya mengenakan atribut partai berwarna merah, kecuali Jokowi. Gubernur DKI Jakarta ini hanya mengenakan kemeja lengan panjang warna putih, tanpa ada satupun atribut partai yang melekat di tubuhnya.

Usai kunjungan ke bangunan bersejarah, Jokowi dan rombongan melakukan kampanye terbuka di Lapangan Gelanggang Olah Raga Cendrawasih, Cengkareng Jakarta Barat. Saat Jokowi melakukan orasi di atas panggung sebanyak 5.000 orang lebih massa simpatisan PDIP meneriakkan dukungan bagi Jokowi sebagai Presiden RI.

Jokowi dalam orasinya berpesan kepada seluruh kader PDI Perjuangan supaya mengajak semua orang untuk mencoblos PDIP saat pemilihan umum 9 April mendatang. Karena menurutnya kemenangan dalam pemilihan legislatif menjadi penentu pemenangan dalam pemilihan Presiden.

Jokowi dalam orasinya juga meminta seluruh kader dan simpatisan PDIP, mengawasi saat dan setelah penghitungan suara nanti, usai pencoblosan kertas suara pada 9 April nanti.

Sementara itu, Sekretaris Jendral Dewan Pimpinan Pusat PDIP Tjahyo Kumolo memastikan PDIP akan meraup suara 27,2 persen dalam pemilihan legislatif 2014.

Kampanye terbuka pemilihan legislatif hari pertama di Jakarta juga dilakukan oleh Partai Keadilan Sejahtera. Puluhan ribu masa kader dan simpatisan PKS memadati Stadion Gelora Bung Karno Jakarta pada Minggu (16/3). Presiden PKS Anis Matta memastikan PKS saat ini lebih solid pasca penahanan mantan Presiden PKS Lutfi Hakim tersangka kasus korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi. Anis juga optimis PKS mampu masuk dalam 3 besar dalam pemilihan legislative.

Selain PDIP dan PKS, Partai Nasional Demokrat (Nasdem) juga melakukan kampanye terbuka di Jakarta. Sementara Partai Kebangkitan Bangsa melakukan kampanye dialogis di hadapan kader dan simpatisannya.

Kampanye dengan metode rapat umum terbuka resmi dimulai Minggu (16/3) ini. Kampanye akbar ini akan dilakukan partai politik peserta pemilu dan calon anggota DPD selama 21 hari hingga 5 April 2014.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG