Tautan-tautan Akses

Johannesburg Pimpin Afrika dalam Kicauan Tweet


Twitter

Twitter

Johannesburg, ibukota Afrika Selatan cerewet dan ringkas.

Menurut sebuah penelitian terbaru, kota tersebut mengeluarkan satu tweet dengan geo-tag setiap 13 detik, menjadi kota di Afrika yang memimpin penggunaan twitter. Penelitian tersebut menyebutkan, dengan menggunakan 140 karakter atau kurang dari itu, para pengguna di kota tersebut menghasilkan 608.387 tweet dengan geo-tag dalam jangka waktu tiga bulan.

Bukan hal yang mengejutkan bahwa Johannesburg menghasilkan lebih banyak tweet daripada kota lain di Afrika.

Inilah hasil survei "How Africa Tweets" yang dilakukan oleh Portland Communications setelah mempelajari statistik Twitter sejak Oktober sampai Desember 2013.

Johannesburg, pemimpin ekonomi di Afrika dan Afrika Selatan memiliki penetrasi smartphone tertinggi dari negara lain di benua tersebut.

Allan Kamau, yang mengepalai kantor Nairobi untuk Portland Communications, mengatakan, "Mesir juga punya angka tweet yang tinggi, Kairo, Aleksandria, kota-kota top lainnya. Di Afrika Timur, Nairobi adalah kota yang paling aktif berkicau, bukan hal yang mengejutkan. Nairobi adalah kota keenam yang paling aktif di benua tersebut."

Penelitian tersebut dilakukan dengan menyeleksi tweet dengan menggunakan geo-tag. Artinya seorang pengguna mengijinkan perangkat mereka menunjukkan lokasi, atau menuliskan informasi lokasi di tweet mereka. Jadi angka ini tidak mencerminkan jumlah total tweet dari setiap kota. Tapi Kamau mengatakan mereka memberikan perkiraan yang cukup bisa diandalkan tentang penggunaan Twitter.

"Hasil survei ini juga bisa menjadi indikator luas tentang tren di Twitter," kata Kamau. "Geo-tag cukup mewakili untuk menjadi indikator yang luas tentang aktivitas Twitter, tren dalam artian bagaimana orang-orang menggunakannya."

Perusahaan tersebut telah melakukan survei dua kali, dan Kamau mengatakan perubahan terbesar yang terlihat adalah bagaimana Twitter sekarang digunakan.

"Dari segi topik, salah satu perubahan yang terlihat adalah di hasil survei tahun 2012 banyak percakapan sosial terjadi di ranah online," ujarnya. "Sekarang kami melihat lebih banyak korporasi. Banyak perusahaan hadir di ranah online, jadi brand punya suara, bisa lebih aktif, dan melibatkan konsumen secara langsung."

Ia mengatakan konsumen juga menggunakan Twitter untuk menyuarakan keluhan tentang produk atau jasa yang tidak bagus, tidak hanya dengan perusahaan tapi juga pemerintah.

"Twitter menjadi tempat publik, dan merupakan jalur langsung dan publik untuk menyampaikan keluhan. Dan orang-orang juga bisa mengorganisir suatu hal dengan baik di media sosial," kata Kamau.

Kamau mengatakan perusahaan, pemerintah dan organisasi, dan bahkan tim olahraga melihat potensi yang besar untuk keterlibatan pasar.

Menurut Kamau, topik top di Twitter di benua tersebut adalah sepakbola. "Warga Afrika suka sepakbola, mereka sangat bersemangat tentang tim sepakbola mereka, dan Twitter memberikan tempat untuk para penggemar mendukung tim mereka. Tim sepakbola yang paling sering disebut adalah Orlando Pirates dari Johannesburg. Twitter merupakan platform yang sangat bagus untuk hal seperti itu," ujarnya.

Mickey Modisane, direktur hubungan masyarakat untuk Orlando Pirates, setuju dengan pernyataan tersebut. Akun Twitter tim tersebut mempunyai 145.000 followers dan sering digunakan.

"Kadang-kadang kami tweet sekitar 15 sampai 20 kali dalam sehari, bisa tentang pemain, penjualan tiket, kegiatan humas, kampanye humas," kata Mondisane.

Ia senang bahwa timnya adalah salah satu tim yang paling banyak dibicarakan di Twitter. "Kami cukup senang," katanya. "Ini hal yang bagus dan kita berhasil memanfaatkan media sosial dan Twitter khususnya. Karena kami benar-benar berkomunikasi dengan penggemar kami."
XS
SM
MD
LG