Tautan-tautan Akses

Jihad Islam: Gencatan Senjata di Gaza Masih Berlaku


Tank Israel disiagakan di utara Jalur Gaza (13/3).

Tank Israel disiagakan di utara Jalur Gaza (13/3).

Beberapa menit sebelum kelompok Palestina itu mengumumkan gencatan senjata, pesawat Israel menyerang Rafah, Jalur Gaza selatan.

Kelompok Jihad Islam Palestina di Jalur Gaza mengatakan gencatan senjata yang ditengahi oleh Mesir telah berlaku untuk menghentikan pertempuran sengit dua hari dengan serangan roket ke wilayah Israel serta serangan udara Israel terhadap daerah kantong Palestina itu.

Belum ada pernyataan dari Israel, tetapi seorang pejabat senior kementerian pertahanan hari Kamis mengatakan dia memperkirakan pertempuran itu akan segera mereda.

Para pemimpin Jihad Islam mengatakan kesepakatan gencatan senjata itu merupakan pembaruan atas “kesepahaman yang dicapai tahun 2012 di Kairo,” suatu rujukan terhadap gencatan senjata yang mengakhiri perang delapan hari di Gaza dua tahun lalu.

Beberapa menit sebelum kelompok Palestina itu mengumumkan gencatan senjata di Facebook, pesawat Israel melakukan serangan di Rafah, di Jalur Gaza selatan dekat perbatasan dengan Mesir, melukai tiga warga Palestina. Militer Israel mengatakan bahwa “tujuh lokasi teror” telah diserang.

Beberapa jam sebelumnya, sirine meraung-raung di kota Ashkelon dan kota Ashdod, Israel selatan, memperingatkan warga akan datangnya serangan. Roket-roket yang ditembakkan dari Jalur Gaza itu mendarat di kawasan terbuka dan tidak menimbulkan korban, tetapi menjangkau lebih jauh ke wilayah Israel dibanding serangan hari Rabu terhadap kota-kota perbatasan di Israel selatan.
XS
SM
MD
LG