Tautan-tautan Akses

Jet Tempur Rusia Patroli Perbatasan Ukraina


Protes pro-Rusia

Protes pro-Rusia

Rusia mengirim jet-jet tempur untuk patroli di perbatasannya dengan Ukraina, Kamis, sementara perkembangan yang berlangsung cepat merongrong pemerintah baru Ukraina di Kyiv.

Orang-orang bersenjata mengambil alih gedung-gedung pemerintah di Krimea, wilayah Ukraina yang memiliki hubungan kuat dengan Moskow dan menjadi lokasi pangkalan angkatan laut Rusia di Sevastpol. Orang-orang bersenjata itu mengibarkan bendera tiga warna Rusia.

Sementara itu, kantor-kantor berita Rusia melaporkan bahwa Moskow telah memenuhi permohonan Presiden Ukraina terguling Viktor Yanukovych untuk mendapatkan pengamanan pribadi di wilayah Rusia, namun tidak memberikan rincian lebih jauh.

Sementara jet-jet Rusia melintas di udara dalam latihan militer yang diperintahkan Presiden Rusia Vladimir Putin, Menteri Pertahanan Amerika Chuck Hagel memperingatkan Moskow untuk tidak mengambil tindakan terhadap Ukraina yang bisa disalahartikan.

Hagel mengatakan, Amerika mendukung kuat hak-hak wilayah Ukraina dan semua negara harus menunjukkan kepemimpinan yang sangat bijak.

Di Kyiv, parlemen menyetujui mantan menteri ekonomi Arseny Yatseniuk sebagai perdana menteri baru negara itu. Ia menuduh pemerintah Yanukovych mencuri sejumlah besar dana negara, sehingga mengakibatkan negara mengalami kesulitan finansial yang parah.

Yatseniuk mengatakan 70 miliar dolar dana pemerintah Ukraina telah dikirimkan ke akun-akun di luar negeri selama tiga tahun terakhir dan bahwa pinjaman sebesar 37 miliar dolar yang diterima negara itu telah raib.

Yanukovich mengeluarkan sebuah pernyataan ke kantor-kantor berita Rusia, Kamis, dari lokasi yang dirahasiakan, bahwa ia masih menganggap dirinya kepala negara Ukraina. Yanukovich belum terlihat di hadapan publik sejak Sabtu, setelah parlemen Ukraina memecatnya dan menetapkan pemilu dini pada tanggal 25 Mei.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG