Tautan-tautan Akses

Jerman Raih Gelar Piala Dunia ke-4


Para pemain Jerman merayakan gelar juara Piala Dunia ke-4 setelah menaklukkan Argentina 1-0 dalam pertandingan di stadion Maracana, Rio de Janeiro, Brazil, Minggu (13/7).

Para pemain Jerman merayakan gelar juara Piala Dunia ke-4 setelah menaklukkan Argentina 1-0 dalam pertandingan di stadion Maracana, Rio de Janeiro, Brazil, Minggu (13/7).

Jerman berhasil menjadi juara dunia 2014 setelah mengandaskan Argentina 1-0 dalam babak perpanjangan waktu di Rio de Janeiro, Minggu 13 Juli 2014.

Tim panzer Jerman berhasil menjuarai Piala Dunia untuk ke-empat kalinya, dan menjadi tim Eropa pertama yang meraih gelar juara dunia di wilayah Amerika Latin.

Jerman mengandaskan harapan tim tango Argentina dalam pertandingan yang berlangsung menarik dan ketat, dengan peluang demi peluang silih berganti bagi kedua tim. Argentina lebih mendominasi babak pertama, dan berhasil menyarangkan bola ke gawang Manuel Neuer pada menit ke-29. Namun, wasit menganulir goal tersebut karena Gonzalo Higuain berada dalam posisi offside. Hasil replay menunjukkan posisi penyerang Argentina Higuain berada di depan pemain belakang Jerman saat menerima umpan lambung di depan gawang.

Pertandingan diperpanjang 2x15 menit setelah berakhir tanpa gol 0-0.

Pada babak kedua perpanjangan waktu, di menit ke-113 penyerang Jerman yang baru berusia 22 tahun, Mario Goetze mencetak gol indah ke gawang Sergio Romero. Menerima umpan di depan gawang, Goetze mengontrol bola dengan dadanya dan kemudian melakukan tendangan voli ke gawang Argentina. Romero yang berusaha menutup sudut tembak, gagal menghalau tendangan Goetze yang meluncur ke sudut kiri gawangnya.

Argentina yang berusaha membalas ketinggalan mendapat kesempatan ketika Lionel Messi dijatuhkan sedikit di luar kotak penalti. Namun, tendangan bebas Messi meluncur jauh di atas gawang Neuer.

Penyerang Jerman Mario Goetze merayakan gol tunggal Jerman ke gawang Argentina pada menit ke-113 di stadion Maracana, Rio de Janeiro (13/7).

Penyerang Jerman Mario Goetze merayakan gol tunggal Jerman ke gawang Argentina pada menit ke-113 di stadion Maracana, Rio de Janeiro (13/7).

Kanselir Jerman Angela Merkel, duduk di bagian VIP dengan para pemimpin dunia lainnya, mengepalkan tangan ikut merayakan gol kemenangan Goetze. Ketika wasit Nicola Rizzoli meniup peluit akhir beberapa menit kemudian, Presiden Rusia Vladimir Putin yang juga hadir mengulurkan tangan dan menjabat tangan untuk mengucapkan selamat kepada Merkel. Rusia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia berikutnya pada tahun 2018 mendatang.

Sepp Blatter, Presiden FIFA sebagai penyelenggara Piala Dunia FIFA, dan juga Presiden Brazil Dilma Rousseff memeluk para pemain Jerman yang merayakan kemenangan dengan sukacita, sementara para pemain Argentina tampak menangis sedih. Argentina sedikit mendapat hiburan setelah bintang dan kapten Argentina, Lionel Messi mendapat penghargaan sebagai pemain terbaik Piala Dunia 2014.

Salah satu ironi dari Piala Dunia kali ini adalah meskipun turnamen ini akan dikenang sebagai sukses besar, namun pelaksanaan turnamen yang memakan biaya besar telah menyebabkan Presiden Brazil Dilma Rousseff dan Sepp Blatter harus menerima kecaman pedas dari berbagai pihak.

Suasana pesta besar dan meriahnya acara penutupan Piala Dunia 2014 tampaknya hanya menjadi hiburan sebentar bagi publik Brazil yang mengecam pengeluaran sekitar $ 13 miliar bagi persiapan penyelenggaran Piala Dunia ini.

Pertandingan terbesar dalam sepakbola ini juga menarik beberapa selebriti untuk menyaksikan langsung. Tampak David Beckham memeluk Pele. Supermodel asal Brazil, Gisele Bundchen menonton bersama suaminya, bintang American Football AS Tom Brady. juga penyanyi Rolling Stones Mick Jagger tampak hadir di stadion Maracana.

Sampai jumpa lagi di Piala Dunia 2018 di Rusia.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG