Tautan-tautan Akses

Jerman Cukur Argentina 4-0, Hadapi Spanyol di Semifinal


Ini merupakan ulangan Piala Dunia tahun 2006 di Berlin, di mana Jerman juga menyingkirkan Argentina di perempat final.

Peringkat nomor enam dunia, tim 'panser' Jerman mengalahkan juara Piala Dunia dua kali, Argentina, dengan skor telak 4-0 dalam pertandingan Sabtu, untuk mencapai semifinal perebutan Piala Dunia FIFA di Afrika Selatan. Dalam perempat final yang berlangsung di Cape Town ini, Kanselir Jerman Angela Merkel ikut hadir dan memberikan semangat bagi tim Jerman.

Pemain sayap klub Bayern Munich, Thomas Mueller mencetak gol pertama Jerman lewat sundulan kepala, saat pertandingan baru berjalan tiga menit. Mueller memanfaatkan tendangan bebas oleh gelandang tengah Bastian Schweinsteiger. Pertandingan babak pertama ini bertahan 1-0 untuk kesebelasan Jerman.

Pada babak kedua, penyerang Jerman yang juga bermain untuk klub Bayern Munich, Miroslav Klose mencetak gol kedua Jerman pada menit ke-68. Enam menit kemudian, pemain belakang Jerman yang bermain di klub Hertha Berlin, pemain belakang Arne Friedrich mencetak gol ketiga. Menjelang akhir pertandingan, Miroslav Klose kembali mencetak gol pada menit ke-89, yang melengkapi skor akhir menjadi 4-0.

Kekalahan itu menyingkirkan tim 'tango' Argentina yang dikomandoi pelatih utama Diego Maradona. Maradona adalah pahlawan Argentina pada Piala Dunia tahun 1986, karena berhasil membawa ‘Los Albicelestes,’ sebutan lain bagi tim Argentina, menjadi juara dengan mengalahkan Jerman 3-2 pada pertandingan final di kota Mexico City.

Sementara, tim panser Jerman juga pernah menyingkirkan Argentina empat tahun lalu dalam perempat final Kejuaraan Piala Dunia tahun 2006 di Berlin, Jerman. Dengan kemenangan ini, Jerman akan berhadapan dengan peringkat nomor dua dunia, tim matador Spanyol pada pertandingan semifinal hari Rabu, 7 Juli.

Pada pertandingan perempat final kedua di stadion Ellis Park Johannesburg hari Sabtu, Spanyol berhasil mengakhiri perlawanan Paraguay dengan kemenangan tipis 1-0. Spanyol sedikit dinaungi keberuntungan dan harus mengeluarkan seluruh kemampuannya menghadapi perlawanan kuat dari Paraguay. Sebelum turun minum di menit ke-41, pemain depan Paraguay yang bermain di Borussia Dortmund, Nelson Valdez, berhasil menggetarkan jala gawang Spanyol, namun wasit menyatakan Valdez berdiri off-side, padahal tayangan ulang menunjukkan Valdez masih berdiri sejajar dengan para pemain belakang Spanyol.

Pada babak kedua, kedua kesebelasan mendapat hadiah penalti, namun keduanya sama-sama gagal menembus gawang satu sama lain. Hadiah tendangan penalti bagi Paraguay yang dilakukan oleh Oscar Cardozo, berhasil diselamatkan penjaga gawang Iker Casillas. Dalam waktu satu menit kemudian, giliran Spanyol mendapat hadiah tendangan penalti karena pemain belakang Paraguay Antolin Alcaraz menjatuhkan David Villa di kotak penalti.

Xabi Alonso yang ditunjuk menjadi algojo tim Spanyol semula berhasil memasukkan bola ge gawang Paraguay yang dijaga Justo Villar, namun wasit menganulir gol penalti ini karena para pemain Spanyol lebih dahulu berlari memasuki kotak penalti sebelum Xabi Alonso melakukan tendangan. Pada tendangan penalti ulang, giliran penjaga gawang Villar menjadi pahlawan karena berhasil menghalau bola tendangan Alonso.

Permainan kelihatan berjalan seimbang, masing-masing pihak sering menimbulkan ancaman di kotak pinalti hanya senantiasa gagal menghasilkan goal. Gol tunggal yang memastikan kemenangan Spanyol dan membawanya ke semifinal dicetak penyerang David Villa pada menit ke-83.

Gol ini bermula dari tembakan pemain Andres Iniesta ke gawang Paraguay yang berhasil dihalau oleh Justo Villar, namun bola yang muntah ini jatuh di kaki David Villa yang langsung menceploskannya ke gawang. Bola tembakan Villa sempat membentur mistar gawang sebelah kiri, sebelum masuk gawang Paraguay dan mengubah skor menjadi 1-0.

Dalam pertandingan perempat final ini, Spanyol sebagai juara Eropa tidak memperlihatkan permainan mengesankan, apabila dibandingkan dengan permainan tim Belanda melawan Brazil atau Jerman melawan Argentina. Baik kesebelasan Spanyol maupun Paraguay baru kali ini berhasil mencapai tingkat perempat final dalam Piala Dunia, sehingga dengan kemenangan ini, Spanyol berhasil mengukir sejarah dengan maju ke semifinal untuk pertama kalinya.

Dengan selesainya babak perempat final, maka tiga kesebelasan dari benua Eropa berhasil maju ke semifinal, yaitu: Belanda, Jerman dan Spanyol, dan hanya satu wakil dari Amerika Latin, yakni kesebelasan Uruguay.

Jadwal pertandingan semifinal antara kesebelasan Belanda melawan Uruguay akan berlangsung hari Selasa 6 Juli, sementara pertandingan antara Jerman melawan Spanyol akan dilangsungkan hari berikutnya, Rabu, 7 Juli. Pemenang pertandingan semifinal akan bertemu dalam babak final Piala Dunia, yang akan dilangsungkan pada hari Minggu, 11 Juli 2010 di Johannesburg.

XS
SM
MD
LG