Tautan-tautan Akses

Jerman Ekstradisi Tersangka Pelaku Mutilasi ke Kanada


Luka Rocco Magnotta (29 tahun) ditangkap interpol Jerman di sebuah warnet di Berlin (Foto: dok). Magnotta, tersangka pelaku pembunuhan mutilasi akan diekstradisi ke Kanada dan menghadapi tuntutan hukum di negaranya.

Luka Rocco Magnotta (29 tahun) ditangkap interpol Jerman di sebuah warnet di Berlin (Foto: dok). Magnotta, tersangka pelaku pembunuhan mutilasi akan diekstradisi ke Kanada dan menghadapi tuntutan hukum di negaranya.

Pihak berwenang Jerman telah memulai prosedur ekstradisi seorang warga Kanada, Luka Rocco Magnotta, tersangka pelaku pembunuhan mutilasi.

Tersangka yang disebut media Eropa “Canadian Psycho” itu dicurigai memutilasi tubuh seorang yang disebut pacar homoseksnya, mahasiswa dari Tiongkok Jun Lin, dan mengirimkan potongan-potongan tubuh tersebut melalui pos kepada para politisi Kanada.

Polisi Berlin menangkapnya hari Senin ketika seorang pelanggan warnet mengenalinya, beberapa hari setelah ia melarikan diri dari Montreal. Interpol sebelumnya sudah mengeluarkan “red notice” - prioritas tertinggi dalam penangkapan tersangka pelaku tindak kejahatan - untuk menangkap Magnotta.

Pemerintah Jerman diperkirakan akan mengambil keputusan terakhir apakah akan mengirim Magnotta kembali ke Kanada dalam waktu beberapa minggu lagi. Kanada tidak memberlakukan hukuman mati bagi para narapidana, yang berarti undang-undang Jerman akan mengizinkan ekstradisi Magnotta.

Kepolisian Kanada mengatakan Magnotta mengirim potongan kaki Jun kepada kantor pusat Partai Konservatif yang berkuasa melalui pos. Mereka menemukan tangan Jun dalam sebuah paket di sebuah kantor pos dan seorang petugas kebersihan menemukan tubuhnya dalam satu koper di belakang gedung apartemen Magnotta di Montreal. Polisi sedang menganalisa bagian lain tubuh yang dikirim ke dua sekolah di Vancouver untuk melihat apakah potongan itu bagian tubuh Jun.

Polisi mengatakan Magnotta merekam pembunuhan itu dan menggunggah videonya ke internet.

Media Kanada mengatakan Magnotta adalah seorang bekas aktor dalam film-film porno dan pernah mencoba karir sebagai peragawan. Mereka juga mengatakan Magnotta mungkin bertanggung jawab atas kejahatan lain, termasuk pembunuhan anak-anak kucing dan menggunggah video rekamannya ke internet.
XS
SM
MD
LG