Tautan-tautan Akses

Jerman Deportasi Pencari Suaka Tak Berdokumen


Pemerintah Jerman menggunakan bekas bandara Tempelhof sebagai penampungan sementara bagi para migran pencari suaka di Berlin (9/12).

Pemerintah Jerman menggunakan bekas bandara Tempelhof sebagai penampungan sementara bagi para migran pencari suaka di Berlin (9/12).

Hingga akhir November 2015, pihak berwenang telah mendeportasi 18.363 orang yang permohonan suakanya telah ditolak karena gagal memenuhi persyaratan.

Pemerintah Jerman mulai mendeportasi pencari suaka yang gagal memenuhi syarat, karena meningkatnya arus masuk pengungsi yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan kecemasan para pemilih di dalam negeri.

Angka baru menunjukkan jumlah pencari suaka yang dideportasi tahun ini hampir mencapai dua kali lipat dibanding tahun 2014. Hingga akhir November 2015, pihak berwenang telah mendeportasi 18.363 orang yang permohonan suakanya telah ditolak, dibandingkan dengan 10.884 orang yang dideportasi tahun lalu.

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Jerman Johannes Dimroth hari Senin (21/12) mengatakan "peningkatan jumlah orang yang dideportasi ini bisa dijelaskan dengan sederhana, yaitu karena meningkatnya jumlah pencari suaka yang tidak memenuhi syarat.".

Tetapi ditambahkannya bahwa trend ini juga dipengaruhi oleh meningkatnya kesediaan negara-negara bagian untuk melakukan proses deportasi itu.

Pemeriksaan permintaan suaka para pengungsi ini dilakukan oleh 16 negara bagian di Jerman,dan beberapa negara bagian lebih ketat dalam menerapkan aturan dibanding yang lain. [em]

XS
SM
MD
LG