Tautan-tautan Akses

Jerman, Brazil Bertemu di Semifinal Piala Dunia


Pencetak gol Brazil David Luiz (kiri) merayakan gol kedua timnya bersama Marcelo dalam pertandingan melawan Kolombia di Fortaleza (4/7).

Pencetak gol Brazil David Luiz (kiri) merayakan gol kedua timnya bersama Marcelo dalam pertandingan melawan Kolombia di Fortaleza (4/7).

Jerman berhasil menaklukkan Perancis 1-0, sementara tuan rumah Brazil mengandaskan harapan Kolombia dengan 2-1 dalam perempat final hari Jumat (4/7).

Tuan rumah Brazil akan bertemu tim panser Jerman dalam pertandingan semifinal hari Selasa, 8 Juli mendatang di stadion Mineirão di kota Belo Horizonte.

Kedua tim memastikan maju ke semifinal setelah mengalahkan lawan mereka di semifinal, di mana tim samba Brazil menang atas tim Kolombia dengan skor 2-1 di stadion Castelão, Fortaleza , sementara pada pertandingan sebelumnya Jerman berhasil mengalahkan Perancis juga dengan skor tipis 1-0 di stadion Maracanã, Rio de Janeiro.

Di hadapan ribuan pendukungnya di Fortaleza, Brazil tidak bermain pada permainan terbaiknya karena menyia-nyiakan berbagai peluang emas di depan gawang Kolombia. Penampilan kiper Kolombia David Ospina yang gemilang menghindarkan timnya kebobolan lebih banyak.

Gol pertama Brazil berawal dari tendangan penjuru yang diambil oleh bintang Brazil, Neymar di menit ke-7. Pemain Brazil David Luiz melakukan duel di udara dengan pemain belakang Kolombia untuk menyundul bola, namun bola justru jatuh di depan kaki kapten Brazil, Thiago Silva yang dengan mudah menceploskan bola ke gawang Kolombia, 1-0 untuk Brazil. Kedudukan ini bertahan hingga babak turun minum.

Di babak kedua, Brazil tetap mendominasi pertandingan. Kolombia yang sekali-sekali melakukan serangan berhasil memasukkan gol, namun dianulir oleh wasit karena pemain Kolombia berdiri pada posisi offside.

Brazil menambah kemenangan menjadi 2-0 setelah mendapatkan tendangan bebas di luar kotak penalti pada menit ke-69. Tendangan bebas oleh David Luiz gagal diselamatkan oleh Ospina, dan meluncur menuju sisi kiri gawang Kolombia. Ini adalah gol Luiz kedua di Piala Dunia 2014.

Setelah ketinggalan 2-0, Kolombia meningkatkan serangan ke gawang Brazil dan membuahkan hasil di menit ke-80 setelah Kolombia mendapat hadiah penalti yang dilakukan oleh James Rodriguez. Penalti diberikan setelah kiper Brazil Julio Caesar terlihat 'mengganjal' Rodriguez saat berusaha melewatinya untuk mengejar bola yang menuju ke gawang. Rodriguez melakukan eksekusi penalti dengan sempurna dan merubah kedudukan menjadi 2-1. Kolombia masih terus melakukan serangan, namun pertahanan Brazil cukup disiplin menghalau bola membuat kedudukan 2-1 bertahan hingga akhir pertandingan.

Pada pertandingan sebelumnya tim panser Jerman mengandaskan harapan tim ayan jantan Perancis juga dengan skor tipis 1-0, di stadion Maracanã, Rio de Janeiro.

Dengan kemenangan ini Jerman maju ke semifinal untuk ke-4 kali berturut-turut di Piala Dunia. Bek Jerman Mats Hummels membuat satu-satunya gol pada menit ke-12 di babak pertama.

Pemain Jerman Mats Hummels (jersey warna putih) menyundul bola dari hasil umpan tendangan bebas oleh Toni Kroos di menit ke-12 (4/7).

Pemain Jerman Mats Hummels (jersey warna putih) menyundul bola dari hasil umpan tendangan bebas oleh Toni Kroos di menit ke-12 (4/7).

Gol ini berawal dari tendangan bebas yang dilakukan oleh Toni Kroos. Tendangan Kroos ke depan gawang diperebutkan oleh Hummels dan seorang pemain belakang Perancis, namun Hummels memenangkan duel udara dan menyundul bola dari jarak sepuluh meter tanpa mampu dihalau penjaga gawang Perancis, Hugo Lloris.

Bintang Perancis Karim Benzema memiliki peluang bagus untuk menyeimbangkan kedudukan dalam perpanjangan waktu. Tetapi kiper Jerman Manuel Neuer, yang berpenampilan kuat dalam Piala Dunia, menggunakan tangannya untuk menepiskan tendangan itu.

Perancis telah mengalahkan Jerman empat kali dalam enam pertandingan sebelumnya.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG