Tautan-tautan Akses

Jerman Beri Bantuan Tambahan $113 Juta untuk Pengungsi


Para migran tidur di lorong kereta api utama di Munich, Jerman (13/9). (Reuters/Michaela Rehle)

Para migran tidur di lorong kereta api utama di Munich, Jerman (13/9). (Reuters/Michaela Rehle)

Jerman mendesak angggota G-7 lain, negara-negara Eropa dan Teluk Persia untuk meningkatkan juga sumbangan keuangan mereka.

Jerman hari Selasa (29/9) menjanjikan tambahan 100 juta euro atau US$113 juta kepada badan-badan PBB untuk meningkatkan bantuan bagi pengungsi di kawasan negara mereka.

“Badan-badan yang menolong pengungsi, terutama Program Pangan Dunia dan Badan Pengungsi PBB, sangat kekurangan dana,” kata Menteri Luar Negeri Jerman Frank-Walter Steinmeier kepada para wartawan sebelum pertemuan G-7 di sela-sela Majelis Umum PBB.

“Saya kira kita mempunyai banyak alasan untuk berusaha sekuat-kuatnya agar orang tidak meninggalkan negara-negara tetangga Suriah” karena mereka menghadapi kekurangan pangan, katanya.

Steinmeier mendesak angggota G-7 lain, negara-negara Eropa dan Teluk Persia untuk meningkatkan juga sumbangan keuangan mereka.

“Mereka hanya akan melakukan ini kalau kita memimpin sebagai contoh, dan inilah sebabnya kita akan pergi ke pertemuan ini dengan janji akan memberi tambahan 100 juta euro kepada badan-badan internasional PBB yang melayani pengungsi,” katanya.

Jerman sedang memegang jabatan presiden G-7 atau kelompok tujuh negara-negara demokrasi dan ekonomi besar yang juga beranggotakan Inggris, Kanada, Perancis, Italia, Jepang dan Amerika Serikat. [gp]

XS
SM
MD
LG