Tautan-tautan Akses

Jerman Bantah akan Musnahkan Penampungan Gipsi


Kantor Kanselir Angela Merkel hari Jumat membantah pernyataan Presiden Perancis Nicolas Sarkozy bahwa Jerman juga berencana mengusir etnis Roma.

Perselisihan Eropa dengan Perancis terkait kebijakan Perancis mengusir etnis Roma, atau Gipsi, berkembang menjadi insiden diplomatik antara Perancis dan Jerman.

Presiden Perancis Nicolas Sarkozy, yang terdesak atas kebijakan pemerintahnya terhadap etnis Roma, menuding Jerman berencana melakukan pengusiran serupa. Presiden Sarkozy menyatakan itu hari Kamis di akhir KTT Uni Eropa yang dibayangi memanasnya kecaman terhadap kebijakan deportasi oleh Perancis.

Kantor Kanselir Jerman Angela Merkel hari Jumat dengan tegas membantah pernyataan bahwa Jerman berencana mengusir etnis Roma. Pejabat pemerintah Jerman menegaskan Merkel bahkan tidak membahas apapun mengenai penampungan orang-orang Gipsi di Jerman dengan Presiden Sarkozy.

Menteri Luar Negeri Jerman Guido Westerwelle hari Jumat mengatakan pernyataan Sarkozy itu akibat "kesalahpahaman."

Sebelumnya, Komisaris Kehakiman Uni Eropa Vivian Reding menyatakan kebijakan pengusiran oleh Perancis sama seperti yang dilakukan Nazi dalam Perang Dunia Kedua.

XS
SM
MD
LG