Tautan-tautan Akses

Jerman, AS, Belgia, Aljazair Lolos ke 16 Besar Piala Dunia


Pemain AS DaMarcus Beasley (kiri) berebut bola dengan pemain Jerman Thomas Mueller, sementara pelatih AS Juergen Klinsmann (kanan) menyaksikan dari pinggir lapangan di kota Recife, Brazil (26/6).

Pemain AS DaMarcus Beasley (kiri) berebut bola dengan pemain Jerman Thomas Mueller, sementara pelatih AS Juergen Klinsmann (kanan) menyaksikan dari pinggir lapangan di kota Recife, Brazil (26/6).

Meski kalah 0-1 dari Jerman di pertandingan terakhir, tim Amerika lolos ke 16 besar Piala Dunia karena menang selisih gol dari Portugal.

Delapan tim turun bertanding hari Kamis (26/6), hari terakhir pertandingan untuk grup G dan grup H dalam kejuaraan sepakbola Piala Dunia.

Pada pertandingan awal hari Kamis di Grup G, tim panser Jerman dan tim Amerika memastikan maju ke babak berikutnya. Tim Jerman berhasil menang tipis 1-0 atas Amerika melalui gol tunggal Thomas Muller pada menit ke-55. Dengan kemenangan ini Jerman mengantungi nilai 7 dan keluar sebagai juara Grup G, sementara AS dengan 4 poin keluar sebagai runner-up. Kedua tim berhak maju ke babak gugur 16 besar.

Dalam pertandingan lainnya, Portugal berhasil mengalahkan Ghana dengan skor 2-1 dan memiliki 4 poin, namun kalah selisih gol dari tim Amerika, akibat kekalahan telak Portugal dari Jerman 0-4 dalam pertandingan perdana mereka.

Di Grup H, Belgia memastikan menjadi juara Grup setelah mengalahkan Korea Selatan 1-0, melalui gol tunggal oleh Jan Vertonghen di menit ke-78. Dengan demikian Belgia meraih 9 poin dari tiga kali kemenangan.

Runner-up Grup H diduduki oleh Aljazair yang bermain imbang dengan Rusia 1-1. Rusia sempat memimpin lebih dulu 1-0 lewat gol pada menit ke-6 yang dicetak oleh Aleksandr Kokorn melalui sundulan kepala. Namun melalui perjuangan yang tak kenal lelah, pemain Aljazair Islam Slimani berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-60. Hasil ini bertahan hingga usai pertandingan.

Sebagai juara Grup G Jerman akan berhadapan dengan runner-up Grup H Aljazair, sementara Amerika akan menghadapi juara Grup H Belgia dalam pertandingan babak 16 besar yang akan menggunakan sistem gugur.

XS
SM
MD
LG