Tautan-tautan Akses

Jepang Temukan Bayam dan Susu Tercemar Radiasi


Dua orang pengungsi, Kazuko Hiraushi (kanan) dan suaminya, Yoshidaka (kiri) di tempat penampungan sementara di Rikuzentakata.

Dua orang pengungsi, Kazuko Hiraushi (kanan) dan suaminya, Yoshidaka (kiri) di tempat penampungan sementara di Rikuzentakata.

Ini adalah pertama kalinya radiasi dideteksi dalam makanan sejak gempa bumi dan tsunami 11 Maret menyebabkan terjadinya krisis nuklir ini.

Kadar radiasi yang meningkat telah ditemukan dalam produk susu dan bayam di dekat PLTN Fukushima Daiichi yang rusak.

Sekretaris Kabinet Yukio Edano mengatakan dalam jumpa pers bahwa meskipun kadar radiasi dalam makanan yang dites melampaui standar keamanan pemerintah, tapi tidak membahayakan kesehatan. Ini adalah pertama kalinya radiasi dideteksi dalam makanan sejak gempa bumi dan tsunami 11 Maret menyebabkan terjadinya krisis nuklir ini.

Sementara itu, Dinas Pemadam Kebakaran Tokyo melanjutkan penyiraman air atas reaktor nomor tiga Sabtu siang, setelah menghentikan operasi cukup lama bagi para teknisi untuk memasang kabel listrik ke pembangkit yang diterjang tsunami. Bila listrik kembali mengalir, pompa-pompa air akan dapat bekerja untuk mendinginkan batangan bahan bakar yang terlalu panas.

Para pejabat mengatakan mungkin akan memakan waktu sampai hari Minggu untuk menjalankan aliran listrik ke reaktor yang rusak.

XS
SM
MD
LG