Tautan-tautan Akses

Pemerintah Jepang Peringatkan Warga agar Tidak Kembali ke Zona Nuklir


Sekretaris Kabinet Jepang Yukio Edano mengingatkan warga bahwa belum aman bagi mereka untuk kembali ke zona nuklir.

Sekretaris Kabinet Jepang Yukio Edano mengingatkan warga bahwa belum aman bagi mereka untuk kembali ke zona nuklir.

Sekretaris Kabinet Jepang Yukio Edano meminta warga setempat agar tidak kembali ke daerah dalam radius 20 kilometer dari PLTN, sampai dinyatakan aman.

Para pejabat Jepang mengatakan warga menimbulkan resiko sendiri dengan kembali ke rumah mereka di zona evakuasi yang mengelilingi PLTN Fukushima Daiichi yang rusak akibat gempa.

Tingkat radiasi dalam air di reaktor nomor dua di PLTN Fukushima tetap tinggi dan berbahaya, dan para pejabat mengatakan untuk pertama kalinya, mereka yakin air bocor dari dalam ruang penyimpanan PLTN yang telah terpapar bahan bakar di inti reaktor. Ini akan mengukuhkan kecurigaan bahwa reaktor tersebut sebagian mengalami setidaknya kegagalan dan bahwa ruang penyimpanan telah rusak.

Dalam jumpa pers hari ini, Sekretaris Kabinet Yukio Edano meminta warga agar tidak berada dalam radius 20 kilometer dari PLTN, sampai dinyatakan aman. Ia mengatakan pemerintah akan segera mengumumkan kapan warga bisa kembali ke rumah mereka di beberapa bagian zona untuk waktu tertentu untuk mengambil barang-barang mereka.

Hari ini juga, stasiun televisi nasional Jepang (NHK) mengatakan jumlah korban tewas akibat gempa dan tsunami tanggal 11 Maret telah mencapai lebih dari 10.800 orang dan 16.200 lainnya masih hilang. NHK mengatakan 193.000 orang tinggal di pusat-pusat evakuasi, turun dari sekitar 300.000 orang minggu lalu.

XS
SM
MD
LG