Tautan-tautan Akses

Jepang Peringati 65 Tahun Serangan Bom Atom Pertama


Tiga negara nuklir, AS, Inggris, dan Perancis, mengirim diplomat mereka untuk pertama kali ke upacara tahunan di Hiroshima itu.

Warga Jepang memperingati 65 tahun serangan bom atom pertama di dunia, yang untuk pertama kalinya dihadiri oleh Amerika Serikat dan negara-negara nuklir lainnya.

Upacara dimulai Jumat pagi di Hiroshima dengan membunyikan lonceng dan pelepasan burung merpati.

Tiga negara nuklir, Amerika Serikat, Inggris, dan Perancis, mengirim diplomat mereka untuk pertama kali ke upacara tahunan itu.

Amerika Serikat diwakili oleh Dutabesar John Roos. Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton mengatakan di Washington hari Kamis bahwa wajar bagi Roos untuk menghadiri upacara peringatan itu karena Presiden Barack Obama mendukung dunia tanpa senjata nuklir.

Sekjen PBB Ban Ki-moon juga datang ke Hiroshima dan pimpiman PBB yang pertama menghadiri upacara itu. Ia mengatakan hari Kamis di Nagasaki – sasaran serangan bom atom Amerika yang kedua – bahwa cara satu-satunya untuk memastikan senjata itu tidak akan pernah digunakan lagi adalah “dengan melenyapkan semuanya.”

Sementara Perdana Menteri Jepang Naoto Kan mengatakan, Jepang sebagai satu-satunya negara yang pernah dibom atom, mempunyai tanggung jawab untuk memimpin usaha mewujudkan dunia tanpa senjata nuklir.

XS
SM
MD
LG