Tautan-tautan Akses

Jepang Mulai Buka TPS untuk Pemilu Parlemen


Seorang peserta pemilu parlemen Jepang memasukkan surat suaranya ke kotak suara di salah satu TPS di Tokyo, Minggu (21/7).

Seorang peserta pemilu parlemen Jepang memasukkan surat suaranya ke kotak suara di salah satu TPS di Tokyo, Minggu (21/7).

Beberapa jajak pendapat menunjukkan bahwa koalisi pemerintah yang berkuasa di Jepang pimpinan Perdana Menteri Shinzo Abe, akan memenangkan Pemilu Parlemen, MInggu (21/7).

Warga Jepang mendatangi tempat-tempat pemungutan suara (TPS) untuk memberi suara dalam pemilu majelis tinggi, hari Minggu (21/7) yang diharapkan akan mengakhiri kebuntuan politik di parlemen selama enam tahun ini.

Beberapa jajak pendapat menunjukkan bahwa koalisi pemerintah yang berkuasa – pimpinan Perdana Menteri Shinzo Abe – akan menang. Kemenangan ini akan membuat Partai Demokrasi Liberal LDP dan mitranya Partai Komeito Baru mengontrol majelis rendah dan sekaligus majelis tinggi parlemen.

Memegang suara mayoritas dalam kedua majelis akan mempermudah pemerintah koalisi untuk meloloskan rancangan undang-undang, pada masa Jepang menghadapi tantangan-tantangan berat struktural, termasuk jumlah manula dan hutang nasional yang terus membengkak.

Bagi banyak pemilih, membangkitkan kembali perekonomian yang begitu lama macet merupakan prioritas utama. Kemenangan meyakinkan dalam pemilihan hari Minggu, yang memperebutkan separuh dari kursi Majelis Tinggi yang jumlahnya 242, mungkin akan membuat Abe dan pendukung-pendukungnya semakin gigih dalam mengejar agenda nasional yang ditinggalkannya ketika Abe menjabat sebagai perdana menteri tahun 2006-2007.

TPS-TPS akan ditutup pukul 8 malam waktu setempat dan surat suara akan segera dihitung setelahnya.
XS
SM
MD
LG