Tautan-tautan Akses

Jepang, Malaysia Tingkatkan Kerjasama Pertahanan


Perdana Menteri Malaysia Najib Razak (kiri) dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dalam konferensi pers bersama di Tokyo (25/5). (AP/Issei Kato. pool)

Perdana Menteri Malaysia Najib Razak (kiri) dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dalam konferensi pers bersama di Tokyo (25/5). (AP/Issei Kato. pool)

Ini kali pertama Jepang memulai pembicaraan dengan sebuah negara anggota ASEAN mengenai transfer peralatan dan teknologi pertahanan.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan sejawatnya dari Malaysia yang sedang berkunjung, Najib Razak, Senin (25/5), berjanji akan meningkatkan kerjasama pertahanan dan maritim.

Berbicara setelah pertemuan dengan Najib di kantor perdana menteri, Abe mengatakan, mereka sepakat untuk meningkatkan hubungan bilateral ke kemitraan strategis sehingga akan mendongkrak kerjasama atas serangkaian isu regional dan internasional.

Abe mengatakan, melalui usaha terkoordinasi, Jepang dan Malaysia sepakat untuk bekerjasama di bidang peralatan pertahanan. Selain itu, katanya, Jepang akan menyelenggarakan kerjasama di bidang keamanan maritim dengan menawarkan bantuan bagi petugas keamanan pantai Malaysia.

Seorang pejabat senior pemerintah Jepang mengatakan, ini kali pertama Jepang memulai pembicaraan dengan sebuah negara anggota ASEAN mengenai transfer peralatan dan teknologi pertahanan.

Dalam sebuah pernyataan bersama yang dikeluarkan setelah pertemuan, kedua pemimpin menegaskan kembali pentingnya mempertahankan perdamaian, stabilitas, keamanan, serta kebebasan navigasi dan penerbangan di Laut China Selatan. Pernyataan ini tampaknya merujuk pada usaha reklamasi lahan yang dilakukan China belakangan ini di perairan itu.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG