Tautan-tautan Akses

Jepang Lanjutkan Upaya Penyelamatan di Daerah yang Dihantam Gempa


Regu penyelamat terus melakukan pencarian korban tanah longsor akibat gempa bumi di Minamiaso, Kumamoto, Jepang (17/4).

Regu penyelamat terus melakukan pencarian korban tanah longsor akibat gempa bumi di Minamiaso, Kumamoto, Jepang (17/4).

Para pekerja bantuan berjuang untuk memberikan bantuan darurat kepada ribuan orang yang terpaksa mengungsi dari rumah mereka setelah terjadi dua gempa mematikan di Jepang bagian selatan pekan lalu.

Sekitar 100.000 pengungsi di pulau Kyushu berjubel di tempat-tempat penampungan sementara, dan yang lain tidur di luar ruangan atau dalam mobil mereka, sementara mereka berusaha bertahan dari cuaca dingin dan kekurangan makanan dan air.

Tim SAR telah berjuang untuk mencapai banyak desa kecil yang terputus dari dunia luar karena tanah longsor yang dipicu oleh gempa berkekuatan 6,5 pada Skala Richter itu Kamis lalu, dan gempat lebih 7,3 Skala Richter pada hari Sabtu.

Empat pesawat helikopter Korps Marinir Amerika jenis V-22 Osprey lepas landas dari Okinawa hari Senin untuk mengangkut pasokan darurat ke wilayah tersebut.

Sedikitnya 44 orang tewas dan lebih dari 1.000 lainnya terluka akibat kedua gempa tersebut. Delapan orang dilaporkan hilang di dekat kota Minamiaso.

Lebih dari 600 gempa dan gempa susulan telah tercatat di Kyushu sejak Kamis lalu, termasuk gempa yang berkekuatan 5,8 pada Skala Richter hari Senin. [lt]

XS
SM
MD
LG