Tautan-tautan Akses

Jepang, Korea Selatan Adakan Pembicaraan Tingkat Tinggi


Wakil Menlu Jepang Akitaka Saiki (kanan) bersalaman dengan Wakil Menlu Korsel Cho Tae-yong sebelum pertemuan di Seoul, Korsel Rabu (12/3).

Wakil Menlu Jepang Akitaka Saiki (kanan) bersalaman dengan Wakil Menlu Korsel Cho Tae-yong sebelum pertemuan di Seoul, Korsel Rabu (12/3).

Korea Selatan dan Jepang mengadakan pembicaraan tingkat wakil menteri luar negeri hari Rabu (12/3) di Seoul untuk membahas cara-cara memperbaiki hubungan yang tegang.

Pertemuan antara Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Akitaka Saiki dan Wakil Menteri Luar Negeri Korea Selatan Cho Tae-yong merupakan kontak diplomatik tingkat tertinggi antara kedua negara itu dalam beberapa bulan ini.

Hubungan antara dua kekuatan Asia itu telah merosot karena apa yang dianggap oleh Seoul sebagai sikap tidak menyesal Tokyo terhadap kebijakan imperialis Jepang di masa lalu. Hubungan kedua negara juga terganggu oleh sengketa teritorial .

Para pejabat Jepang mengatakan Saiki akan menggunakan pertemuan itu untuk mengusulkan pertemuan puncak trilateral antara para pemimpin dari Jepang, Korea Selatan dan Amerika akhir bulan ini. Belum ada tanggapan Korea Selatan atas tawaran itu.

Presiden Korea Selatan Park Geun-hye telah menolak bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe sampai ia membuat langkah untuk memperbaiki hubungan kedua negara.

Kedua negara belum pernah mengadakan pembicaraan tingkat tinggi sejak Desember, ketika Perdana Menteri Abe mengunjungi sebuah kuil di Tokyo yang menghormati beberapa penjahat perang yang disemayamkan di antara para korban perang lainnya.
XS
SM
MD
LG