Tautan-tautan Akses

Jepang Kerahkan Helikopter dan Meriam Air untuk Dinginkan Reaktor


Helikopter militer Jepang menjatuhkan air laut ke arah reaktor PLTN Fukushima Daiichi yang rusak, Kamis (17/3).

Helikopter militer Jepang menjatuhkan air laut ke arah reaktor PLTN Fukushima Daiichi yang rusak, Kamis (17/3).

Para petugas terus berusaha menurunkan suhu di dalam reaktor yang sangat panas, dengan menjatuhkan air laut dengan helikopter dan menyemprotkannya dengan meriam-meriam air.

Militer Jepang menggunakan selang pemadam kebakaran bertekanan tinggi untuk menyiram air ke reaktor nuklir yang rusak akibat gempa dalam upaya keras untuk mendinginkan batang-batang bahan nuklir, seraya mengakui bahwa waktu mereka hampir habis.

Sebelumnya Kamis ini, pemerintah menumpahkan air dari udara, setelah membatalkan rencana sehari sebelumnya karena radiasi membahayakan para pilot helikopter.

Menteri Pertahanan Toshimi Kitazawa mengatakan pemerintah telah memutuskan bahwa mereka tidak dapat lagi menunda misi tersebut. Tapi tayangan televisi menunjukkan kebanyakan air tidak mengenai target dan upaya ini dihentikan setelah 4 kali.

Kadar radiasi yang tinggi di sekitar PLTN yang terletak 240 kilometer di utara Tokyo, membuat pekerja tidak dapat berada di dalam fasilitas tersebut lebih dari beberapa menit, dan pengukuran radiasi awal menunjukkan bahwa pengucuran air yang pertama dengan helikopter tidak banyak mengubah keadaan.

Para pejabat mengatakan, Kamis, mereka berharap dapat segera memulihkan aliran listrik di fasilitas tersebut, meningkatkan harapan bahwa pompa-pompa yang lebih efisien dapat digunakan untuk memompakan air ke arah enam reaktor nuklir di sana.

XS
SM
MD
LG