Tautan-tautan Akses

Jepang Kembali Dikecam karena Kunjungan ke Tugu Yasukuni


Visitors pray at the Yasukuni Shrine in Tokyo, Japan, Oct. 17, 2016.

Visitors pray at the Yasukuni Shrine in Tokyo, Japan, Oct. 17, 2016.

Kunjungan Menteri Pertahanan Jepang Tomomi Inada ke tugu Yasukuni di Tokyo, mendatangkan kecaman dari negara-negara tetangga Korea Selatan dan China.

Menteri Pertahanan Jepang Tomomi Inada, yang baru saja kembali dari Pearl Harbor, Kamis (29/12), mengunjungi tugu Yasukuni di Tokyo yang dibangun untuk menghormati korban perang Jepang, termasuk penjahat perang yang telah dihukum mahkamah militer.

Inada menyertai Perdana Menteri Shinzo Abe dalam kunjungannya pekan ini ke Pearl Harbor, Hawaii, di mana ia mengucapkan belasungkawa atas korban yang meninggal dalam serangan Jepang di sana tahun 1941.

Kunjungan Menteri Pertahanan Jepang Tomomi Inada ke tugu Yasukuni dan seorang lagi menteri Kabinet sehari sebelumnya, mendatangkan kecaman dari negara-negara tetangga Korea Selatan dan China.

Negara-negara Asia tetangga Jepang mempunyai ingatan yang pahit mengenai kekejaman negara itu sebelum dan pada waktu Perang Dunia Kedua, ketika Jepang menjajah atau menyerbu sebagian kawasan tersebut. Kunjungan para tokoh terkemuka Jepang ke tugu peringatan tersebut sering mendatangkan keluhan dari negara-negara seperti China dan Korea Selatan, yang memandangnya sebagai usaha Jepang untuk menutup-nutupi sejarah agreesi mereka pada masa perang dunia kedua. [gp]

XS
SM
MD
LG