Tautan-tautan Akses

Jepang Dapati Air Radioaktif Mengalir ke Laut


Para ahli Jepang memeriksa tanah persawahan di kota Kunimimachi, untuk mendeteksi apakah tanaman padi juga tercemar radiasi.

Para ahli Jepang memeriksa tanah persawahan di kota Kunimimachi, untuk mendeteksi apakah tanaman padi juga tercemar radiasi.

Juru bicara keamanan nuklir Jepang mengatakan air tersebut diduga mengalir dari retakan di pinggir lokasi PLTN Fukushima.

Para pejabat keamanan nuklir mengatakan retakan yang baru ditemukan di pembangkit nuklir yang rusak di Jepang barangkali adalah sumber air radioaktif yang mengalir masuk ke Samudra Pasifik.

Juru bicara keamanan nuklir Hidehiko Nishiyama mengatakan kepada wartawan hari Sabtu air tersebut barangkali mengalir dari retakan di sebuah lubang di pinggir lokasi PLTN Fukushima itu.

Nishiyama mengatakan Perusahaan Tenaga Listrik Tokyo berencana menumpahkan semen ke lubang tersebut untuk menyumbat retakan itu.

Sebelumnya, Perdana Menteri Jepang Naoto Kan mengunjungi daerah yang dilanda tsunami, menemui para pekerja di zona bahaya nuklir dan berbicara dengan penduduk yang kehilangan tempat tinggal akibat bencana yang terjadi tanggal 11 Maret itu.

Di sebuah sekolah yang telah diubah menjadi pusat pengungsian, Kan mengatakan kepada para pengungsi bahwa pemerintah akan membantu mereka sampai akhir proses pemulihan.

Pemimpin Jepang itu juga mengunjungi sebuah desa di pinggir zona bahaya radiasi yang berfungsi sebagai markas besar tim-tim darurat yang berusaha mendinginkan ke-6 reaktor pembangkit itu.


XS
SM
MD
LG