Tautan-tautan Akses

AS: Jepang dan Tiongkok Harus Selesaikan Sengketa Secara Damai


Juru Bicara Gedung Putih, Jay Carney mendesak penyelesaian secara damai sengketa wilayah di Laut Cina Timur (foto: dok).

Juru Bicara Gedung Putih, Jay Carney mendesak penyelesaian secara damai sengketa wilayah di Laut Cina Timur (foto: dok).

Amerika mengatakan pihaknya berharap Tiongkok dan Jepang akan menyelesaikan sengketa wilayah lewat cara-cara damai.

Juru bicara Gedung Putih Jay Carney hari Rabu mengatakan Amerika percaya hubungan baik antara Tiongkok dan Jepang akan memberi manfaat pada semua negara di kawasan itu. Ia juga menambahkan Amerika tidak berpihak dalam masalah kedaulatan atas pulau-pulau itu.

Ketegangan memuncak antara Tiongkok dan Jepang sejak Jepang pekan lalu mengumumkan rencananya untuk membeli pulau-pulau yang disengketakan di Laut Cina Timur. Pulau-pulau yang dikuasai oleh Jepang dan diklaim oleh Tiongkok itu, di Jepang dikenal sebagai “Senkaku”, sementara di Tiongkok dikenal sebagai “Diaoyu”.

Kekhawatiran meluasnya konflik maritim muncul hari Selasa ketika media pemerintah Tiongkok melaporkan sebuah armada kapal kecil Tiongkok yang berjumlah seribu kapal nelayan sedang menuju ke kepulauan itu.

Pasukan Penjaga Pantai Jepang hari Selasa mengatakan sedikitnya dua kapal Tiongkok memasuki wilayah perariran Jepang di dekat kepulauan itu.

Aksi anti-Jepang juga terjadi selama beberapa hari di Tiongkok, setelah Jepang mengatakan akan membeli beberapa pulau yang tidak berpenghuni itu dari seorang pemilik tanah di Jepang.

Sedikitnya seribu demonstran hari Selasa berdemo di luar Kedutaan Besar Amerika di Beijing, membawa spanduk, meneriakkan slogan dan mendesak Tiongkok untuk membela klaim atas kepulauan itu. Demonstrasi tidak terjadi pada Rabu.
XS
SM
MD
LG