Tautan-tautan Akses

Jepang dan Indonesia Bekerjasama dalam Keamanan Maritim


Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: dok).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: dok).

Menko Maritim Indonesia Luhut Panjaitan dan Menlu Jepang Fumio Kishida bertemu di Tokyo untuk tukar-menukar dokumen untuk meluncurkan kerangka kerjasama itu, termasuk keamanan maritim dan pembangunan di pulau-pulau terpencil.

Jepang dan Indonesia sepakat, Rabu (12/12) untuk bekerja sama dalam keamanan maritime pada masa sekarang ini ketika kedua negara tersangkut dalam perselisihan laut dengan China.

Beijing mengklaim kedaulatan atas hampir seluruh Laut China Selatan yang kaya sumber alam, walaupun negara-negara tetangganya dari Asia Tenggara juga mempunyai klaim di laut tersebut.

Indonesia tidak mempunyai sengketa dengan China mengenai kepemilikan pulau karang atau pulau-pulau kecil.

Tetapi, klaim China yang luas itu tumpang tindih dengan zona ekonomi eksklusif Indonesia, perairan dimana Indonesia mempunyai hak eksploitasi sumber alam, sekeliling Natuna, kepulauan terpencil yang kaya dengan ikan.

Seperti yang dilansir AFP, Menteri Koordinasi Maritim Indonesia Luhut Panjaitan dan Menteri Luar Negeri Jepang Fumio Kishida bertemu di Tokyo untuk tukar-menukar dokumen untuk meluncurkan kerangka kerjasama itu, termasuk keamanan maritim dan pembangunan di pulau-pulau terpencil.

Persetujuan itu bertujuan untuk membantu Indonesia memperkuat kapasitasnya dalam keamanan maritime dan menggalakkan pembangunan di pulau-pulau terpencil, kata seorang pejabat kementerian luar negeri kepada AFP.

Australia telah mengatakan sebelumnya pihaknya sedang mempertimbangkan patroli bersama dengan Indonesia di Laut China Selatan. [gp]

XS
SM
MD
LG