Tautan-tautan Akses

Jepang Cabut Beberapa Sanksi Terhadap Korea Utara


PM Jepang Shinzo Abe memberikan keterangan kepada media di rumah kediamannya di Tokyo (3/7).

PM Jepang Shinzo Abe memberikan keterangan kepada media di rumah kediamannya di Tokyo (3/7).

Tokyo dan Pyongyang pekan ini mengadakan pembicaraan di kedutaan Korea Utara di Beijing untuk membahas penculikan warga Jepang yang telah lama menjadi gangguan besar bagi hubungan bilateral.

Jepang telah sepakat untuk mencabut beberapa sanksi terhadap Korea Utara, selagi kedua negara melanjutkan pembicaraan mengenai warga Jepang yang diculik oleh Pyongyang.

Perdana Menteri Shinzo Abe, hari Kamis mengatakan langkah tersebut merupakan awal dari "resolusi komprehensif" untuk isu penculikan itu. Dia tidak memberikan rincian tentang sanksi mana yang akan dicabut atau kapan.

Tokyo dan Pyongyang pekan ini mengadakan pembicaraan di kedutaan Korea Utara di Beijing untuk membahas penculikan tersebut, yang telah lama menjadi gangguan besar bagi hubungan bilateral.

Korea Utara mengakui pada tahun 2002 bahwa negara itu menculik 13 warga Jepang untuk mengajar mata-mata Korea Utara tentang budaya Jepang. Lima korban penculikan telah dikembalikan. Korea Utara mengatakan sisanya telah meninggal, tetapi banyak kalangan di Jepang menduga setidaknya lebih sepuluh orang lagi telah diculik.

XS
SM
MD
LG