Tautan-tautan Akses

Jepang-ASEAN Sepakati Kerjasama Zona Penerbangan dan Pelayaran


PM Jepang Shinzo Abe (tengah) berfoto bersama para pemimpin negara-negara ASEAN di Tokyo, Jepang (14/12).

PM Jepang Shinzo Abe (tengah) berfoto bersama para pemimpin negara-negara ASEAN di Tokyo, Jepang (14/12).

Para pemimpin Jepang dan 10 negara Asia Tenggara berjanji akan bekerja sama guna menjamin kebebasan penerbangan maupun pelayaran, Sabtu (14/12).

Satu pernyataan bersama yang dikeluarkan setelah KTT Jepang-ASEAN tidak menyebut secara eksplisit deklarasi China baru-baru ini mengenai zona pertahanan udara maritim di atas Laut Cina Timur. Tetapi hal itu melatar-belakangi janji bekerja sama guna memastikan “kebebasan terbang di atas perairan dan keselamatan penerbangan sesuai prinsip hukum internasional yang diakui secara universal.''

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mendesak China agar membatalkan zona itu dan menyatakan Jepang akan tetap pada keputusannya memberitahu penerbangan untuk melanjutkan operasi mereka seperti sebelumnya.

KTT itu menandai 40 tahun hubungan Jepang dan ASEAN, kawasan kaya sumber daya dengan lebih 600 juta penduduk. Abe sudah mengunjungi ke-10 negara ASEAN tahun lalu, berusaha meningkatkan hubungan keamanan maupun bisnis, kontras dengan hubungannya yang dingin dengan China.
XS
SM
MD
LG