Tautan-tautan Akses

Jepang akan Tingkatkan Pertahanan karena Ada Provokasi


PM Jepang Shinzo Abe hari Kamis (12/9) menginspeksi pasukan kehormatan dan pasukan Bela Diri Jepang.

PM Jepang Shinzo Abe hari Kamis (12/9) menginspeksi pasukan kehormatan dan pasukan Bela Diri Jepang.

PM Jepang Shinzo Abe mengatakan, negaranya akan meningkatkan kesiapan militernya karena adanya apa yang ia sebut “provokasi yang berulangkali” terhadap Tokyo.

PM Jepang Shinzo Abe hari Kamis (12/9) mengungkapkan situasi keamanan regional yang memburuk dalam pernyataannya yang diungkapkan kepada para pejabat tinggi kementerian pertahanannya setelah menginspeksi pasukan Bela Diri Jepang.

Jepang dan China sedang terlibat sengketa mengenai sekelompok pulau di Laut China Timur yang sama-sama diklaim kedua negara. Meningkatnya patroli udara dan laut China dan Jepang menimbulkan kekhawatiran akan kemungkinan terjadinya bentrokan militer.

Beijing marah atas pendirian kukuh Abe mengenai masalah pulau-pulau itu. Beijing juga mengkhawatirkan seruan Abe untuk mengubah konstitusi damai Jepang yang dirancang Amerika setelah Perang Dunia Kedua.

Dalam pidatonya hari Kamis, Abe mengatakan, aliansi Jepang saat ini dengan Washington bermanfaat, tapi langkah-langkah tambahan perlu diambil untuk memastikan Jepang dapat melindungi dirinya sendiri di masa depan.
XS
SM
MD
LG